WP2 – Menganyam Kulit Ketupat

Sejak kecil saya kagum liat orang menganyam kulit ketupat. Niat untuk mempelajarinya tak pernah bisa terwujud.

Sampai pada suatu hari saya lewat Google nemukan link ini: http://kris-smile.blogspot.com/2012/08/panduan-cara-membuat-ketupat-lebaran.html

Jadi saya beli daun kelapa (janur) di Pasar Pondok Gede. Bukan di yang sudah direnovasi, tapi yang berada di atas tanah milik AURI. Dengan duit  Rp. 2.500 dapet 10 lembar janur. Pilihlah janur muda yang mudah ditandai dari warnanya, yaitu putih, bukan ijo.

Mulailah aku ngikutin arahan si om Kris.  Cuman terus terang IQ saya rada jongkok ngikutin penjelasannya. Untung di bawahnya ada videonya yang dengan mudah dapat diikutin.

  

Mula-mula dengan piso tajem, lepaskan lidi dari janur (lihat gambar pertama). Dengan demikian kita peroleh dua lembar daun. Setiap daun punya ujung lebar dan ujung lancip. Kita sebut saja ujung yang lebar sebagai ujung dasar dan ujung yang lancip sebagai ujung ekor. Ini sekedar buat menjelaskan proses pembuatan kulit ketupat doang.

Ambil satu daun di tangan kiri (lihat gambar kedua). Jepit ujung dasar dengan jempol dan buat 4 lilitan mengelilingi ke empat jari laennya. Perhatikan arah lilitannya. Yang kita pergunakan hanya 3 lilitan terakhir, sehingga kita sebut sebagai lilitan ke-1, ke-2 dan ke-3.

Pada gambar ketiga tampak bahwa ujung dasar daun kedua dijepit dengan jempol juga, kemudiandaunnya dililitkan sebanyak 3 kali dengan arah berlawanan dengan lilitan yang di tangan kiri. Sesuai urutannya maka kita sebut sebagai lilitan ke-4, ke-5 dan ke-6.

 

Kemudian lilitan ke-6 kita sisipkan ke lilitan ke-3, ke-2 dan ke-1, sehingga teranyam secara selang seling. Selanjutnya sisipkan lilitan ke -5 dan ke-6, sehingga kita peroleh bentuk seperti yang tampak pada gambar keempat. Sekarang secara berturut-turut kita anyam kedua ujung ekor ke sudut di seberangnya, disusul dengan menganyam kedua ujung dasar ke sudut yang berlawanan dengan pertemuan kedua sudut ekor.

Sekarang kulit ketupat sudah berbentuk (lihat gambar ke lima). Karena anyamannya masih longgar, maka kita tinggal kencangkan saja, dengan cara menarik secara bertahap ke arah ujung ekor.

 

Sebagian hasilnya dapat dilihat pada gambar terakhir.

Untuk melihat tutorial yang lebih jelas, silahkan lihat di: https://mmamir38.wordpress.com/2014/07/29/wp-163-menganyam-ketupat-yang-diperjelas/.

40 thoughts on “WP2 – Menganyam Kulit Ketupat

  1. dulu suka ngeliatin sepupu dan om pada bikin. pas kemaren lebaran ndilalah tukang kupatnya keabisan kulit, karena males nunggu alhasil bapak bawa pulang janur. sampe rumah lama banget nginget2 cara bikin kupat. tapi aku jadi bisa deh. hehe

    Reply
  2. Saya belajar bikin kulit ketupat dari orang rumah.
    Udah lama banget nggak bikin lagi sejak almarhumah ibu nggak ada.
    Entahlah, saya masih ingat apa nggak bikinnya.
    Kudu praktek lagi nih, Pak Dokter🙂

    Reply
  3. Assalamualaikum Warohmatullah,
    Pak Amir, ketemu lagi di WP,makasih tutorial ketupatnya, dulu waktu kecil saya diajarin ayah saya bikin sarung ketupat namun setelah bertahun2 lupa dan mencoba belajar tapi gak bisa, ech sekarang malah nemu..mau nyoba ach kapan2, sayang di tempat saya gak ada jual janur…….
    Jadi kalau mau makan ketupat kudu pulang ke jakarta dulu hehehe.

    Reply
  4. saya dulu diajarin bapak saya, katanya ini tes buat calon mantu perempuan …hahaha. makanya dari SD saya udah bisa bikin kulit ketupat Eyang🙂 meskipun prakteknya ya setahun sekali ketika mudik ke jawa timur, lebaran ketupat, 5 hari setelah sholat Ied
    btw, saya follow ya Eyang …ditunggu postingan2 berikutnya

    Reply
  5. Pak Amir,
    ketemu lagi di sini.
    Terima kasih tutorial bikin ketupatnya.
    Dulu saya pernah bikin waktu tinggal di Shanghai, tutorialnya dapet dari videonya tabloid Nova. Sekarang udah lupa.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s