WP 12 – Lupis berbentuk Ketupat

Dua hari sebelon Idul Adha aku beli daun kelapa. Biasanya 10 lembar dihargain 2 rebu perak, eh ada seiket dengan garis tengah 5 cm yang isinya bisa sekitar 100 lembar ditawarkan seharga 6 rebu doang. Tanpa tanya lagi kenapa dikasi murah, aku beli.

Gitu nyampe di rumah, rupanya daunnya kagak gitu lebar. Akhirnya aku berhasil bikin sekitar 40 kulit ketupat berukuran dengan garis tengah 7 cm, tapi yang laen berukuran dengan garis tengah 5 cm ke bawah.

Yang paling gede dibikinin ketupat, sedang sebagian sisanya yang besarnya masih rada lumayan aku kasi sama tetangga. Tinggal sekitar 30an yang ukuran mini. Mau dibuang sayang. Jadi aku putuskan untuk dijadikan lupis.

Sebulan lalu aku coba bikin lupis dengan kulit ketupat mini. Karena kalo dibungkus daun pisang isinya kudu padet, yang dimasukkan ke dalam kulit ketupat juga padet. Hasilnya lupisnya rada keras. Rupanya daun pisang memuai kalo direbus sedang daun kelapa kagak.

Berdasarkan pengalaman itu, maka ke dalam beras ketan aku tambahin sekitar 20% beras biasa untuk membantu pemuaian. Campuran ketan dan beras saya rendam dalam aer sekitar 10 menit, baru diisikan ke dalam kulit ketupat. Diisinya pun kaga padet. Masih disisain sedikit  ruang yang kosong, supaya butir-butir ketan dan beras bisa memuai secara terkendali. 

Hasilnya kagak kalah dengan lupis yang dibungkus sama daun pisang batu. Bedanya kalo dibungkus kulit pisang, warna permukaannya ke-hijau-hijauan, tapi kalo pake daun kelapa, kecoklat-coklatan. Tapi rasanya kagak beda. Bahkan berasnya pun kagak kerasa.

Tentu saja, setelah dipotong, kudu diberi parutan kelapa yang udah diberi sedikit garem dan rebusan gula merah dulu seperti yang tampak di gambar berikut.

Rasanya? Hmmmm……..nikmat!

Abis ngebaca ini, jangan lupa kasi komentar.

6 thoughts on “WP 12 – Lupis berbentuk Ketupat

Leave a Reply

