WP 22 – Kari Ayam

Kebetulan saya punya daging 2 ekor ayam negri yang masih muda. Sebagian oleh istri saya udah dibikin soto ayam kemarin.

Karena sejak awal aku kepingin kari ayam, jadi tadi saya bikin. Kalo liat di internet, resepnya macem-macem, jadi apa salahnya aku bikin sesuai naluri sendiri. Kan yang makan saya dan istri saya doang. Yang penting enak kan?

Jadi saya tumis 2 sdm cabe giling, masing-masing 1 sdm bawang putih dan bawang merah giling.

1 Cabe, bawang  merah, b putih ditumis

Setelah harum, saya masukkan 1 sdt kunyit halus, satu ruas jempol laos yang udah dikeprek dan beberapa lembar daun jeruk purut. Mustinya sih ditambah batang sereh yang dikeprek. Tapi karena gak punya, mau diapain?


2. Tambah kunyit, laos dan daun jeruk


Setelah diaduk, saya masukkan 8 potong aya dan 2 ati dan rempelo ayam.

3 Masukkan ayam

Aduk supaya ayam tercampur bumbu secara merata dan menjadi setengah matang.

4 Aduk

Setelah ditambah air barang 300 cc saya tambahkan 100 cc santan kental kemasan.

5 Tambah air dan santan

Tambahkan bumbu kari kemasan barang 1 sdt. Bumbu kari ini merupakan campuran bubuk kunyit, ketumbar dan jinten. Komposisinya sih kagak dikasi tau.

6 Tambah bumbu kari

Karena bumbu giling sudah diberi garam, maka garam yang ditambah, cukup 1 sdt doang.

7 Tambah garam

Masak dengan api kecil hingga menjadi kental.

8 Panaskan agar cairan menyusut

Bila penampilannya sudah seperti ini, silahkan angkat dari api.

9 Kari ayam buat santap siang

Inilah penampilannya di kala disajikan. Menggiurkan kan? Memang rasanya enak sekali.

10 Disajikan

Mungkin ada pembaca yang jeli bertanya kenapa ati dan rempelonya kagak tampak. Jawabannya sih sederhana. Sudah saya santap.

4 thoughts on “WP 22 – Kari Ayam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s