WP 23 – Siomay

Sama seperti masakan lainnya, resep siomay banyak variasinya. Tapi saya gunakan resep yang pernah aku pakai dan terbukti enak.

Pertama-tama saya siapkan bahan untuk isinya. Dari 400 gr ikan tenggiri, dagingnya setelah dikerok cuman ada 200 gr doang, sisanyayang  berupa tulang dan kulit kagak dipakai.

Mula-mula daging ikan tenggiri saya haluskan pake alat seperti tampak di bawah ini. Kalo mau dicincang kemudian diulek bisa juga.

1  Ikan tenggiri dihaluskan

Setelah halus, daging ikan dicampur dengan 150 gr tepung kanji, 150 gr tepung terigu, 2 sdt garam, 1 telur ayam dan ± 150 cc air. Kemudian aduk dengan tangan hingga terjadi adonan yang lengket. Maaf gambar berikut kurang jelas, tapi di kanan atas adalah tangan kanan saya yang blepotan adonan.

2 Aduk adonan isi

Berikut adalah bahan lain, yaitu 4 buah pare yang dipotong ujungnya dan dibuang isinya,  kol ukuran kecil yang daunnya dilepas dan dicelupkan dalam air panas supaya layu dan dibuang batang tengahnya, 10 tahu putih kecil, 5 kentang yang dibelah tengah dan direbus. Mustinya kentang dibelah melintang, tapi oleh pembantu malah dibelah memanjang.

Kemudian pare diisi adonan. Di atas daun kol ditempatkan 1 sdm adonan, kemudian dibungkus. Kentang dikupas, kemudian dikerok tengahnya dan diisi adonan. Inilah kenapa kentang harus dipotong melintang, supaya kerokannya bisa lebih dalam.  Tahu dibelah dan juga diisi adonan.

3 Diisi adonan ikan

Setelah semua terisi, maka dikukus secara bertahap agar kagak bertumpuk waktu dikukus.

4 Dikukus

5 Dikukus juga

Untuk bumbunya saya goreng 250 gr kacang tanah dan 5 kemiri, kemudian dihaluskan dengan 5 cabe merah yang sudah direbus. Menghaluskannya bisa digerus, bisa diblender. Setelah itu direbus dengan sedikit air hingga mendidih.

Sekarang sudah siap untuk disajikan lengkap dengan kecap, saus cabe dan jeruk sambel.

6 Siap saji

Bila mau menyantapnya, tinggal ambil bahan yang sudah dikukus, iris sesuai selera, siram dengan bumbu kacang, beri sedikit saus cabe dan kecap, beri sedikit air jeruk sambal, dan silahkan santap.

7 Siap dimakan

Ya disantaplah. masa diliatin doang sih? Dari gambarnya bisa dibayangkan betapa nikmatnya. Mau coba?

Catatan:

Karena setelah dingin isinya agak keras, sebaiknya gunakan 25% tepung kanji dan 75% tepung terigu.

28 thoughts on “WP 23 – Siomay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s