WP 25 – Ontbijtkoek, kue peninggalan Belanda

Nama kue ini berasal dari bahasa Belanda ontbijt (baca ont-beit) artinya sarapan dan koek (baca ku:k) artinya kue. Jadi artinya kue buat sarapan. Padahal ini kue mau disantap kapan aja kagak ada masalah.

Di Multiply.com pernah saya ceritakan cara membuat kue ini, tapi tak ada salahnya bila saya ceritakan kembali apa yang saya bikin kemarin.

Sengaja saya bikin dua supaya anak cucu dapat menikmatinya. Jadi kalo mau bikin satu, jumlah bahannya dibagi dua aja. Kalo susah ngitungnya, pake aja kalkulator. Gampang kan?

Mula-mula saya nyalakan api bawah oven pada suhu 160  o C, kemudian saya kocok 8 telur ayam dengan 250 gr palm sugar (dapat dibeli di supermarket), 1sdt cream of tartar (sejenis emulsifier supaya telur dapat terkocok dengan sempurna) dan 1 sdt garam hingga keseluruhannya naik dan berbusa.

1

Ayak ke dalamnya 250 gr terigu yang sudah dicampur dengan 1 sdt pala bubuk, 2 sdt kayumanis bubuk, 2 sdt cengkeh bubuk dan 2 sdt double acting baking powder (saya gunakan yang merk Hercules).

Aduk dengan sendok kayu atau sendok plastik hingga tercampur rata.

2

Masukkan 2 sdm margarin cair yang sudah dingin, dan aduk lagi sehingga tercampur rata.

3

Tuangkan adonan ke dalam 2 loyang roti yang bagian dalamnya sudah diolesi margarin.

Saya pergunakan loyang logam dengan ukuran tinggi 9 cm, lebar 13 cm dan panjang 24 cm.

Masukkan ke dalam bagian tengah oven yang sudah dipanaskan.

4

Begitu bagian pinggir kue sudah tampak mengering, keluarkan sebentar dan taburi permukaannya dengan biji wijen. Bila ada, bisa juga dengan biji kenari yang sudah diiris-iris. Teruskan panggang hingga matang.

5

Untuk meyakinkan diri bahwa kue sudah matang, masukkan sebatang lidi ke dalamnya. Bila lidi setelah ditarik teraba kering, maka itu pertanda bahwa kue sudah masak.

Tapi jangan diangkat dulu. Nyalakan api atas dan panggang lagi kue untuk beberapa menit. Bila tidak, sedtelah kue dingin, maka permukaan atas akan terasa basah.

6

Setelah dingin, maka kue dapat dihidangkan dengan cara memotong-motong selebar ± 1 cm.

7

Buat saya kue itu cukup manis, tapi bagi yang suka lebih manis dapat ditambahkan 100 gr gula pasir untuk resep dua kue tersebut.

17 thoughts on “WP 25 – Ontbijtkoek, kue peninggalan Belanda

Leave a Reply

