WP 32 – Resep poffertjes yang sudah saya sempurnakan

Setelah berulang kali bikin poffertjes, maka ada beberapa masalah yang saya temui, seperti bentuk bolanya tidak sempurna, kuenya terlalu keras dan waktu diuangkan ke cekungan wajannya adonan masih berserakan ke mana-mana.

Untuk mengatasi itu, maka pada resep yang sebelumnya saya pergunakan, saya bikin perubahan-perubahan sebagai berikut:

Mula-mula saya campur 1 gelas belimbing (270 cc) tepung terigu, 1 sdt double acting baking powder, 1 sdt garam, 1¼  sdm gula pasir dan 1¼  gelas susu cair. Kemudian saya kocok dengan kocokan tangan. Jadi dalam resep ini  gula pasir dan susu ditambah 25% dari resep sebelumnya.

1

. Kemudian saya masukkan 2 telur ayam dan kocok lagi

2

Sambil dikocok, saya masukkan 2 sdm margarin cair.

3

Karena bila adonan dituangkan dengan sendok sayur kecil ke wajan poffertjes sering blepotan ke mana-mana, maka aku masukkan adonan ke dalam water jug (apa namanya dalam bahasa Indonesia ya?) agar adonan bisa dikucurkan ke wajan poffertjes tanpa tumpah-tumpah.

4

Liat, bahwa dengan cara mengkucurkan, kagak ada yang tumpah ke mana-mana. Waktu menuangkan jangan sampai cekungan-cekungan di wajan terisi penuh.

5

Oya, sebelum dituangkan ke wajan, pastikan bahwa wajan sudah panas betul, kemudian kecilkan apinya supaya kuenya kagak jadi gosong.

Begitu tampak banyak gelembung di atas adonan yang lagi dimasak, ambil 2 tusukan sate dan putarkan kuenya180 derajat supaya bagian yang masih mentah pindah ke bawah sekaligus. Jadi kagak perlu diputar secara bertahap seperti yang pernah aku liat di video pembuatan poffertjes.

6

Setelah bagian bawah matang, angkat dengan menusukkan tusukan sate dan pindahkan ke piring besar.

7

Bila anda mau mengisinya dengan selai, tuangkan adonan ke dalam cekungan wajan sampai terisi separohnya, masukkan sedikit selai kedalamnya, baru tuangkan adonan  lagi, tapi jangan sampai memenuhi cekungan. Setelah bagian bawah matang baru dibalik dan tunggu sampai keseluruhannya matang, sebelum diangkat.

Cara menyajikan bisa dengan es krim, tapi kalo dimakan gitu aja, tunggu sampai dingin, terus ayakkan bubuk gula pasir di atasnya,

Saya yakin bahwa hasilnya kagak bakal tahan lama. Soalnya sebentar aja habis diserbu!

2 thoughts on “WP 32 – Resep poffertjes yang sudah saya sempurnakan

Leave a Reply

