WP 34 – Martabak Telur

 

Pada suatu acara pertemuan keluarga hampir semua makanan yang disajikan terasa rada parah. Padahal dipesan dari sebuah perusahaan catering. Yang lumayan cuman siomay doang. Karena perut masih terasa kosong, saya coba cari makanan yang rada mendingan. Mata ku tertuju pada martabak telur ukuran mini. Tapi gitu dicicipin, rasanya luar biasa parahnya.

Gara-gara penasaran, saya berniat untuk mencoba bikin sendiri martabak telur. Karena daging cincang yang dijual di supermarket banyak sekali lemaknya, maka saya beli sepotong daging semur yang beratnya 0,316 kg. (Ternyata separuhnya saja sudah cukup).  Begitu sampe rumah, saya iris tipis-tipis terus saya cincang. Karena daging itu merupakan komponen dari isi martabak, maka kita tinggalin dulu.

1

Untuk kulitnya bisa saja pakai kulit lumpia yang banyak dijual, tapi sayangnya mudah robek. Jadi saya timbang 250 gram tepung terigu. Terus ditambah air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampe kalis (kneadable). Air yang saya butuhkan kira-kira ¾ gelas blimbing. Tapi ini jangan dijadikan patokan, karena tergantung kondisi tepung, bisa lebih, bisa kurang. Setelah itu saya tambahkan minyak goreng sesendok demi sesendok sambil diaduk lagi. Setelah 4 sendok makan baru saya rasa sudah pas. Kemudian adonan saya bagi empat dan masing-masing saya giling sampe tipis. Dengan demikian diperoleh 4 lembar kulit martabak.

2

3

Buat isinya saya ambil 50% dari daging giling tadi. Dengan sedikit minyak goreng, saya tumis sampai berubah warna. Bumbunya adalah 4 sdt bumbu kari siap pakai (ada yang dijual dalam botol kecil), 2 sdt garam dan 1 sdt merica bubuk.

4

Tiga batang daun seledri dan 3 batang daun bawang diiris tipis-tipis kemudian dicampur. Begitu mau membuat martabaknya maka untuk satu lembar adonan kulit aku kocok 2 butir telur ditambah ¼ bagian daging cincang yang sudah diolah, sedikit garam dan 2 sdm irisan daun seledri dan daun bawang. Di atas wajan teflon yang lebar aku tuangkan  2 sdm minyak goreng. Bila ada, sebaiknya gunakan wajan yang datar dan lebar. Bila sudah panas, kecilkan api dan letakkan lembaran adonan kulit di atasnya. Segera tuangkan kocokan telur dan daging  tadi di tengah-tengahnya..

5

Pinggiran adonan kulit dilipat ke tengah dari 4 sisi, sehingga terbentuk martabak yang berbentuk segi empat berukuran 10 x 10 cm dengan ketebalan 2 cm. Setelah bagian bawah matang, balik hingga masak. Ulangi lagi sehingga ke-empat adonan kulit selesai dimasak.

6

Martabak yang sudah masak dipotong menjadi 4 bagian dan sajikan pakai saos kecap yang terdiri dari 1 bagian kecap manis dan 1 bagian air minum, sedikit cuka, irisan bawang merah, wortel dan ketimun yang dipotong berbentuk kotak kecil-kecil. Karena wortel dan ketimun tak ada, ya terpaksa kaga pakai deh.

7

Berminat untuk coba bikin sendiri?

 

2 thoughts on “WP 34 – Martabak Telur

Leave a Reply

