WP 38 – Cara Bikin Kue Soes Yang Mantap

Aku sudah berkali-kali bikin kue soes. Kadang-kadang hasilnya bagus, tapi lebih sering hasilnya bantat. Sungguh menjengkelkan. Segala cara saya upayakan, namun hasilnya tetep nihil.

Pada suatu hari aku buka buku Hamlyn Cookery Course. Rupanya di sana dijelaskan caranya bikin choux pastry sebagai bahan kue soes  (eclair) supaya kuenya tidak bantat.

Mau tau rahasianya? Kalo mau, silahkan baca terus. Kalau perlu ambil kertas dan pinsil dan catat!

Tepung terigu sebanyak 130 gr diayak 2x. Tapi supaya adonannya tidak terlalu encer dan setelah matang bentuknya tidak berubah, saya gunakan 150 gr tepung terigu.  Air sebanyak 300 cc direbus. Setelah mendidih masukkan 1 sdt garam dan 100 gr margarin hingga margarin  cair.

1

Kecilkan api, masukkan seluruh  tepung sekaligus sambil diaduk dengan sendok kayu sampai tercampur dengan baik. Aduk adonan secara perlahan-lahan hingga dapat digulung menjadi bola yang mudah terlepas dari dasar panci.

2

Angkat dari api, ratakan pada dasar panci dan dinginkan selama 10 menit

3

Masukkan 4 telur yang sudah dikocok sebelumnya sedikit demi sedikit dan kocok dengan mixer pada kecepatan tinggi agar tercampur udara supaya adonan bisa mengembang dengan baik sewaktu dipanggang. (Pada tahap ini api oven dinyalakan.)

4

Cetak memanjang atau bulat dengan semprotan ke atas loyang yang sudah dilapisi margarin. Kalau tak punya semprotan jangan putus asa. Ambil saja sendok makan dan tuangkan sesendok demi sesendok ke atas loyang.

5

Panggang dalam oven yang panas (2200 C) selama 20 menit  sampai berwarna keemasan. Supaya kagak bantat, selama pemanggangan, pintu oven JANGAN sekali-kali dibuka!

6

Bila kue soes sudah dingin, isi dengan vla. Cara membuat vla adalah sebagai berikut:

7 sdm muncung (60 gr) maizena, 6 sdm muncung (100 gr) gula, 6 sdm  muncung (30 gr) susu bubuk, 3/4 sdt garam, 1/2 sdt kristal vanilla dan 1  sdm margarin dimasukkan ke dalam 600 cc air. Aduk hingga tercampur rata. Tambahkan 1 butir telur yang sudah dikocok dan aduk lagi. Didihkan di atas api sedang sambil diaduk dengan sendok kayu. Bila sudah masak, angkat dan dinginkan sebelum vla yang dihasilkan dapat diisi ke dalam kue soes.

7

Mengisi soes dapat dengan menyemprotkan vla dengan semprotan yang dipasangi ujung yang lancip. Bila tak punya semprotan, belah kue soes dengan pisau tajam dan masukkan vla dengan sendok.

8

Karena sudah membantu, tak ada salahnya kan bila Mudhya, cucu saya, dikasi kesempatan untuk mencicipinya?

9

Soal berapa banyak yang dia cicipi, jangan tanya. Anda bisa terka sendiri.

Bila anda mau mengisinya dengan ragout, silahkan bikin. Berikut caranya.

¼ bawang bombay, 3 siung bawang putih dan 1 wortel kecil yang sudah dicincang ditumis dengan minyak goreng. Cincang 250 gr. daging ayam yang sudah direbus, tapi air rebusan jangan dibuang. Daging ayam yang sudah dicincang ikut ditumis sebentar. Hasil tumisan diblender dengan menggunakan air rebusan daging ayam. Bahan yang sudah diblender, sesudah ditambahi ½ sdt gula dan garam secukupnya direbus dengan 400 cc susu. Bila sudah mendidih, tambahkan 2 sdm terigu yang sudah dicampur dengan sedikit air sambil diaduk dengan sendok kayu agar tidak gosong. Bila sudah kental, dinginkan dan siap untuk digunakan.

3 thoughts on “WP 38 – Cara Bikin Kue Soes Yang Mantap

  1. Assalamu’alaikum eyang dokter, akhirnya kutemukan lagi stlh lama terpisah gara2 MP gak mau support lagi kita2 yg hobby nguprek di dapur…senangnya bs lihat2 hasil uprekan eyang niiiyyy….

    Reply
    • Wa’alaikum salam Wr. Wb.
      Asyik bisa ketemu yang ahli uji resep.
      Tolong diujiin dong resep-resep saya.
      Soalnya blog saya di Multiply udah saya hapus semua dan resep-resepnya satu per satu saya pindahin ke sini setelah dirias dulu.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s