WP 41 – Membuat Lasagna Secara Ekonomis

Lasagna (baca: lasanya) merupakan pasta makanan khas Italia yang kalo di sini hanya dapat dijumpai di restoran-restoran mewah atawa di resepsi-resepsi kelas elit.

Kenapa begitu? Soalnya bahan dasarnya cukup mahal. Lembaran lasagna kering yang diimpor dari Italia harganya sudah di atas Rp. 35.000 per bungkus. Belum harga daging sapi yang kini melonjak sampe Rp. 100.000 per kilo. Kalo soal harga daging, kita tunggu aja sampe harganya normal kembali. Tapi kalo soal lembaran lasagna kering, karena diimpor, kagak mungkin turun harganya.

Jadi yang saya dapat otak-atik adalah tentang lembaran lasagna kering.

Gimana caranya? Ya bikin sendiri dong!  Meski gak perlu dikeringin dulu.

Untuk membuat lembaran lasagna sendiri, 2 ons terigu Cakra Kembar™ (terigu gluten tinggi) saya aduk dengan 1 telur ayam yang sudah dikocok. Setelah itu, sambil terus diaduk, saya tambahkan air sedikit demi sedikit sehingga kalis (kneadable). Adonan ini kemudian saya giling hingga tebalnya sedikit lebih kecil dari 1 mm. Setelah itu saya potong-potong sehingga berukuran 5 x 10 cm yang hasilnya sebanyak 5 lembar. Permukaan telenan dan penggiling sebaiknya dilapisi dengan margarin dulu agar kagak lengket. Karena permukaan telenan terbatas, lembaran adonan  lasagna saya tempatkan di atas selembar daun pisang yang juga udah diolesi margarin. Tapi anda boleh saja menempatkan di mana saja asal permukaannya bersih dan udah diolesi margarin.

1

Untuk isinya saya tumis 2 siung bawang putih yang sudah diiris sehingga wangi. Kemudian saya tambahkan 3 ons daging giling dan panaskan sehingga matang. Berikut saya tambahkan lagi ½ kaleng pasta tomat, 2 sdt garam, 2 sdm Italian Seasoning™ (bila tak ada, bubuk oregano saja juga boleh), 1 beef cube, 1 sdm gula pasir, sedikit merica bubuk, dan 200 cc air. Semua ini kemudian dimasak sehingga menjadi kental.

2

Siapkan 5 sdm susu bubuk dan 1 sdt garam dan larutkan dalam 200 cc air. Juga parut ½ kotak keju cheddar dengan parutan yang agak kasar.

Loyang pyrex ukuran 10 cm x 20 cm dengan tinggi 7 cm diolesi dengan margarin (sebelah dalam tentunya!). Kemudian selembar adonan lasagna dimasukkan ke dalamnya dengan ditarik-tarik terlebih dulu sehingga ukurannya menjadi kurang-lebih 10 cm x 20 cm. Di atasnya dituangkan selapis daging giling yang sudah diolah, kemudian ditaburi dengan keju parut. (Atas permintaan istri saya, saya taburi lagi dengan bubuk keju Parmesan). Setelah ditutupi lagi dengan lembaran adonan lasagna saya beri lagi selapis daging giling yang sudah diolah kemudian ditaburi lagi dengan keju parut. Hal ini diulangi hingga lapisan adonan lasagna yang kelima merupakan lapisan terakhir. Kini tuangkan larutan susu sehingga menyerap ke seluruh lapisan yang terdapat dalam pyrex..

3

Kini tinggal kita panggang dengan api besar selama 25 menit, dan setelah itu  dipanggang lagi dengan api atas sehingga permukaan atas matang dan berwarna coklat ke-emas-emasan..

Beginilah penampilannya setelah diangkat dari oven.

4

Foto berikut sengaja aku ambil agar pembaca dapat liat sendiri lapisan-lapisan di dalamnya.

5

Nah, bagaimana rasanya lasagna yang 100% home-made dan ekonomis ini? Lebih maknyus daripada maknyus! Percaya deh! Buktinya dalam waktu kurang dari satu jam, sudah habis semua!

8 thoughts on “WP 41 – Membuat Lasagna Secara Ekonomis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s