WP 43 – Donat Kentang

Karena istri saya baru beliin cetakan donat, aku mau mencobanya dengan membuat donat yang lagi populer, yaitu donat kentang.

Mula-mula 300 gr kentang yang masih utuh direbus. Setelah kentangnya dingin, dikupas kemudian dilumatkan.

Pada 300 gr tepung terigu saya campurkan 100 gr susu bubuk, 3 sdt double acting baking powder, 150 gr gula yang sudah dihaluskan dan 1 sdt garam.

Setelah tercampur rata, masukkanlah kentang yang sudah dihaluskan, aduk hingga tercampur rata, kemudian tambahkan 75 gr margarin cair, dan aduk lagi. Kini tinggal tambahin 1 kuning telur sambil diaduk.

Bila adonan masih terasa keras, baru masukkan putih telurnya yang sudah dikocok, sedikit demi sedikit.

Untuk mencetak adonan hingga berbentuk donat, saya ambil telenan besar dan penggiling adonan. Setelah keduanya aku taburin tepung terigu, aku ratakan adonan di atas telenan hingga tebalnya sekitar 1 cm. Kemudian aku cetak dengan cetakan donat yang baru dibeliin oleh istri saya. Jangan lupa “celupkan” cetakannya ke dalam tepung terigu dulu, supaya adonannya kagak lengket.

1

 

Bila anda tidak punya cetakannya, gulung saja adonan memanjang sampai tercapai diameter 1 cm, kemudian potong sepanjang 15 cm, rapatkan kedua ujungnya hingga berbentuk gelang.

Setelah terbentuk, adonan dikumpulkan dulu di atas piring yang juga sudah dilapisi tepung terigu.

Setelah terkumpul cukup, goreng dengan minyak panas, di atas api kecil. Sebetulnya yang paling baik adalah menggoreng dengan banyak minyak (deep fry), hingga adonan yang tingginya bakal naik sampe 2x akan terendam seluruhnya. Tapi namanya juga ngirit.

Untuk membalikkan dan mengangkat donat, saya pergunakan 2 tusukan sate. Ini jauh lebih praktis daripada pake sodet.

2

Begitu sudah matang, angkat dan biarkan dingin, baru diayakkan bubuk gula di atasnya.

3

Kalo mau lebih mewah, bisa dilapisi coklat, keju, selei dsb., dsb. Tergantung selera dan kantong masing-masing.

4

Yang saya herankan adalah kenapa donat bikinan saya kagak tahan lama ya? Sebentar saja sudah habis.

Leave a Reply

