WP 48 – Speculaas Buatan Sendiri

   

Speculaas yang dibacanya sebagai: “spee – kuu – laas”, dengan huruf hidupnya dibaca panjang, merupakan kue kering berempah jaman Belanda dulu. Tidak mengherankan bila generasi muda kurang mengenalnya. Di Indonesia hanya beberapa supermarket yang menjual speculaas buatan pabrik dalam negri. Lain dengan di Negeri Kincir, di mana hampir semua supermarket menjualnya. Dulu ibu saya juga sering membikin sendiri, sayang aku gak bisa nemukan resepnya.

Cetakannya sempat aku beli di pasar Tebet. Cetakan ini berupa papan kayu dengan berbagai bentuk cekungan.

Speculaas 1

Karena saya tak punya resepnya, maka saya cari di internet. Beberapa situs berbahasa Belanda menyajikannya, tapi seperti biasa, satu sama yang lain berbeda. Jadi aku pilih yang tampaknya paling logis. Namun meskipun begitu, saya memodifikasinya supaya cocok dengan rasa kue yang tersimpan dalam memory saya.

Berikut adalah cara saya membuatnya..

Tepung  sebanyak 200 gr dan 1 sdt double acting baking powder diayak. Tambahkan 125 gr  palm sugar dan 80 gr  margarin dingin  dan bumbu speculaas berupa 7½  sdt bubuk kayumanis, 7½  sdt bubuk cengkeh, 5 sdt bubuk pala, 5 bubuk kapol, 15 cm jahe diparut.

Kalau mau pedesnya lebih menggigit, tambah saja cengkeh dan jahe-nya.

Uleni  adonan hingga teraduk rata. Tambahkan 1 kuning telur dan 1½ sdm air, dan uleni lagi.

Simpan satu malam dalam lemari es supaya bumbu menyerap. Jangan lebih lama karena tak ada gunanya. Uleni lagi sambil ditambahkan 30 gr. kacang mete yang sudah diiris-iris.

Cetak dengan papan speculaas atau bila tak punya, cetak dengan semprotan yang berbentuk memanjang di atas loyang yang sudah diolesi margarin.

Cara mencetaknya adalah sebagai berikut:

Adonan ditekan ke dalam cekungannya, kemudian permukaan atasnya diratakan dengan pisau. Untuk melepaskannya, papan cetakan harus dipukulkan  ke telenan agar kue yang terbentuk dapat lepas dan permukaan atas menjadi permukaan dasarnya.

 Speculaas 2

Katanya sih harus dipanggang dalam oven panas (170º C) sekitar 20 – 25 menit. Tapi menurut pengalaman saya mendingan dipanggang dengan api kecil. Meskipun lebih lama, tapi akan kering dan kagak gosong!

Berikut adalah hasilnya.

Speculaas 3

Tertarik untuk coba membuatnya?

 

4 thoughts on “WP 48 – Speculaas Buatan Sendiri

  1. Di tempat saya banyak yang jual Pak… apalagi pas menjelang Natal, saya suka banget dengan rasa cemilan ini, ditambahkan irisan kacang almond juga enak lho pak..:)

    Reply

Leave a Reply

