WP 50 – Brownies Panggang Yang Empuk

Beberapa hari lalu, Melati, keponakan saya, minta dikasi tau caranya bikin bolu yang bagus.  Soalnya bikinan dia gagal melulu. Karena saya juga belum pernah bikin bolu, saya niat untuk bikin bolu coklat. Karena pernah ada seorang pakar yang mengatakan bahwa brownies itu sebetulnya bolu yang bantat, maka logikanya, kalau kita bikin brownies yang gak bantat, pasti jadi kue bolu. Jadi berdasarkan resep brownies panggang yang pernah saya muat, saya coba bikin bolu coklat.

Beginilah caranya:

Tiga butir telur saya kocok dengan  150 gr gula pasir, ¼ sdt garam dan 1 sdt cream of tartar hingga mengembang. Penambahan cream of tartar maksudnya agar telur dapat dikocok dengan sempurna supaya hasil kuenya bisa jadi halus.

1

Ke dalam telur yang sudah dikocok, saya ayak 120 gr tepung terigu yang sudah dicampur dengan1 sdt double acting baking powder dan 80 gr bubuk coklat  dan aduk. Penambahan baking powder pada resep asal maksudnya supaya kuenya bisa mengembang.

2

Kemudian saya tuangkan 180 gr margarin cair dan aduk.

3

Karena adonan yang terjadi sangat kental, aku tambahkan 100 cc air dan aduk lagi. Adonan yang dihasilkan lumayan encer.

4

Adonan ini saya tuangkan ke dalam loyang roti dengan dasar 10 x 20 cm2 dan tinggi 6 cm. Sebelumnya permukaan dalam loyang itu saya olesi margarin, terus dasarnya dilapisi kertas yang diolesi margarin lagi.

5

Setelah sekitar 45 menit dipanggang dalam oven dengan api bawah pada suhu 1600 C, kuenya tampak sudah matang. Supaya  permukaan atasnya kemudian tidak jadi basah, saya panggang lagi sekitar 5 menit dengan api atas,

6

Setelah dipotong dan dicicipi rasanya jauh dari bolu coklat, tapi lebih mirip dengan brownies panggang yang empuk.

7

Meski gagal membuat bolu coklat, tapi jangan disangka bahwa kagak ada peminatnya. Liat saja cara Ifa, cucu saya yang ketiga, menikmatinya sampai potongan yang terakhir.

8

Mungkin kalau aku berhasil nemukan resep yang cocok, saya ceritakan cara membuatnya. Sabar ya Melati. Coba aja resep ini. Pasti anak-anak kamu bakal menyukainya juga.

2 thoughts on “WP 50 – Brownies Panggang Yang Empuk

Leave a Reply

