WP 52 – Otak-Otak

Pada hari Minggu tanggal 3 Agustus 2009 ada resep otak-otak di harian Kompas. Tapi herannya bawang merah yang disebut dalam bahan buat bikin otak-otak kagak diceritakan harus diapain. Pasti ada teks yang hilang, atau lupa diceritain. Jadi dengan pengarahan istri saya, ku bikin sendiri otak-otak yang kagak jauh beda dari resep yang ada di Kompas.

Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

1 Bahan

Di supermarket aku beli 330 gr fillet ikan tenggiri. Setelah aku buang kulit dan durinya, yang tertinggal sekitar 275 gr doang. Nah, daging ikan itu aku haluskan dengan 8 bawang merah, 4 siung bawang putih dengan alat penghalus punya istri saya. Padahal dengan ulekan bisa juga tuh.

2 Dihaluskan

Begitu halus, aku pindahkan ke tempat lain dan tambahkan tepung kanji 2½ sdm, 2 daun bawang yang diiris-iris, bumbu-bumbu seperti lada halus dan garam secukupnya.

3 Tambahkan kanji dan bumbu

Setelah diaduk rata, saya tambahkan 1 putih telur dan santan kental sekitar 100 cc.

4 Tambah putih telur

5 Tambah santan

Aduk sampai adonan agak kental, tapi kagak encer. Kemudian 1 sdm adonan saya bungkus dengan daun pisang yang sudah diolesi minyak goreng sampai seluruh adonan terbungkus.

6 Bungkus

Habis itu bisa langsung dibakar, atau dikukus dulu. Saya pilih dikukus dulu, supaya kagak ada bagian yang masih mentah. Daripada entar ada yang diare kan?

7 Kukus

Begitu matang, panggang sebentar di atas api kecil, untuk meningkatkan aromanya.

8 Panggang

Jadinya persis 20 potong.

9 Jadi 20

Sekarang tinggal bikin sambal kemirinya. Karena aku cuman punya kemiri tumbuk, aku tumis dulu 4 sdm dengan sedikit minyak di atas api kecil. Kemudian saya tambahkan 4 cabe merah yang sudah direbus dan 5 siung bawang putih yang sudah dihaluskan. Setelah semuanya dicampur dan ditambahin garam, gula pasir dan cuka secukupnya, saya rebus lagi dengan sedikit air. Demikianlah cara membuat sambal kemiri.

10 Sambal kemiri

Kini tinggal menyajikannya.

Sejumlah otak-otak dilepaskan dari bungkusnya dan ditempatkan di atas piring kecil. Baru kemudian dituangkan sambal kemiri di atasnya.

11 penyajian

Yang mengherankan adalah bahwa ke 20 otak-otak dalam sekejap mata habis disantap. Tidak seimbang deh dengan waktu dan susah payah untuk membuatnya dan membersihin dapur setelah itu.

Pantesan banyak orang yang lebih suka beli yang sudah jadi!

 

3 thoughts on “WP 52 – Otak-Otak

      • 1. opa, itu hand blender philips ya?
        2. buat blender ayam / daging bisa alus banget ga?
        3. trus kalo buat blender buah, muncrat-mucrat ga?
        4. itu watt nya 600 ya? di rumahku listriknya cuma 450w. hadeh, padahal pengen banget beli ini. kalo pake stabilizer bisa ga ya?

Leave a Reply

