WP 53 – Bolu Kukus Yang (Pasti) Mekar

Meski aku sudah berkali-kali bikin bolu kukus, tapi hasilnya kebanyakan memble karena gagal mekar.

Ketika aku keluhkan masalah saya di blog saya di Multiply.com, mba Irma (“ime558”), salah seorang sahabat saya di sana menjelaskan bahwa bikin bolu kukus yang mekar itu bukan suatu mitos. Dia mengajak saya untuk ikutin resep dia. Nah, rupanya mba Irma dapat ilmunya dari mba Nining Soeryono, yang di Multiply menggunakan nama “ningnong”.

Setelah semua peralatan dan bahan tersedia, dengan penuh semangat aku mulai bikin bolu kukus sesuai pengarahan yang ku peroleh dari kedua sahabat itu.

Mula-mula aku panaskan kukusan. Selanjutnya pada 200 gram gula pasir ku tambahkan ½ sdt cream of tartar dan 3  telur ayam. Terus kocok pakai mixer. Cream of tartar gunanya supaya kocokan telur ngembang dengan sempurna. Setelah itu aku ayakin 250 gr tepung terigu yang sudah aku aduk dengan 1 sdt double acting baking powder ke dalamnya. Sambil diaduk aku tambahin 175 cc air dan 125 cc minyak goreng sedikit demi sedikit. Begitu tercampur, adonan ku bagi dua. Yang satu aku tambahin 3 sdm coklat bubuk yang sudah dilarutkan dalam sedikit air hangat dan aduk sampe rata. Dengan demikian ada 2 jenis adonan. Yang satu putih, yang lain coklat.

1

Kemudian adonan putih aku sendokin ke dalam cetakan yang sudah dilapisi kertas, disusul dengan adonan coklat di atasnya. Sebetulnya lapis kertas khusus untuk bolu kukus seperti pada gambar berikut ada yang jual.

2 Lapis kertas

Tapi karena lupa membelinya, saya pergunakan kertas minyak biasa.

Adonan di atas cukup untuk mengisi 13 cetakan. Baru kemudian aku kukus selama 25 menit dengan tutup kukusan dilapisi kain di sebelah dalamnya, agar air kagak netes ke kue.

3

Hasilnya? Liat saja, mekar semua.

4

Rupanya betul juga bahwa membuat bolu kukus yang mekar tidak terlalu susah amat. Kalau gak percaya, coba saja sendiri.

4 thoughts on “WP 53 – Bolu Kukus Yang (Pasti) Mekar

  1. Cream of tartar merupakan bahan agar emulsi telur tetap bertahan dan tidak pecah. Bisa diganti dengan air jeruk nipis dalam volume yang sama. Double acting baking powder merupakan baking powder yang kerjanya ekstra kuat. dapat diperoleh di supermarket besar dengan merk Hercules. Kalo jarang pake. beli saja yang dalam kaleng isi 110 gr. Saya sendiri pake yang 450 gr.

    Reply
  2. Gantinya itu Tar-tar apa ya Pak?
    terus double acting baking powder itu apa ya? kira2 disini apa yaaa? pengen banget bikin bolu kukus, sudah beli cetakannya jg waktu kemarin ke Bandung.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s