WP 54 – American Pancake

Kue ini biasanya disajikan di hotel-hotel ternama pada waktu breakfast. Di toko-toko kue tampaknya belum ada yang menjualnya. Entah kenapa.

Biasanya aku bikin bila anak cucu atawa para tetangga datang. Soalnya bikinnya mudah sekali dan tidak lama. Masalahnya adalah syrupnya yang hanya saya dapat beli di Gelael Supermarket, di Jl. Gatot Subroto, Jakarta. Di tempat lain tampaknya belum ada yang tertarik untuk menjualnya.Jadi selalu harus ada persediaannya.

Bagi yang berminat bikin sendiri, inlah caranya. Karena banyak yang bakal makan, aku sengaja bikin 3x dari biasa.

Ke dalam baskom berukuran sedang, saya masukkan 3  gelas belimbing (@ ± 220 cc) tepung terigu, 3 sendok teh double acting baking powder (saya gunakan merk Hercules), 3 sendok makan penuh susu bubuk dan ¾ sendok teh garam.

Dengan  kocokan manual saya aduk semua bahan itu.

Setelah tercampur rata, sedikit demi sedikit saya tambahkan 3 gelas belimbing air sambil diaduk dengan alat kocokan tadi.

Begitu tercampur rata, saya masukkan 3 butir telur ayam dan aduk lagi. Baru terakhir saya masukkan 3 sendok makan margarin cair yang sudah didinginkan. Kemudian diaduk lagi.

Kenapa tidak dikocok dengan mixer? Boleh saja, kagak ada yang ngelarang! Tapi sebaiknya gunakan kecepatan rendah saja.

Setelah adonan selesai, saya panaskan wajan khusus untuk membuat pancake di atas api sedang. Buat yang kagak punya wajan khusus ini, jangan patah semangat. Setiap wajan anti lengket bisa dipergunakan, meski mungkin tidak bisa bikin 7 pancake sekaligus.

Setelah cukup panas, ke dalam setiap cekungan wajan ku masukkan adonan  sebanyak satu sendok sayur besar. Karena wajan pancake ada tutupnya, tutup tersebut kemudian saya pasang supaya panas api gas tidak terbuang ke mana-mana.

Panc 1

Begitu bagian atas pancake mulai mengering, ku balikkan wajan, sehingga kini tutupnya berada persis di atas api.

Panc 2

Setelah masak betul, semua pancake diangkat dengan bantuan tusuk sate agar tidak menggores lapisan anti lengket. Dengan jumlah bahan tersebut di atas, hasilnya adalah 26 buah pancake.

Karena belum ada rasa manis, maka saya sajikan dengan “Log Cabin Country Kitchen Syrup”.

Panc 3

Bila bikinnya mudah, makannya jauh lebih mudah. Lihat saja gimana Mazaya, cucu saya yang pertama, menikmatinya.

Panc 4

 

One thought on “WP 54 – American Pancake

  1. Pingback: WP 191 Nyoba Haan Pancake Mix | Dr. Margono M. Amir

Leave a Reply

