WP 55 – Pannekoek

Pannekoek (baca: pan-nh-ku:k) adalah nama Belanda buat pancake. Bedanya dengan American pancake adalah bahwa pannekoek berbentuk berlembar-lembar dan rasanya jauh lebih empuk. Bahannya sih hampir sama, cuman komposisinya yang berbeda. Yang jelas tidak pakai baking powder.

Karena kudu menggunakan wajan bergagang yang anti-lengket, maka pembuatannya harus satu per satu, hingga proses pembuatannya lebih lama.

Beginilah cara membuatnya:

Pada 1½ gelas (@ 220cc) tepung terigu ditambahkan susu bubuk barang 4 sendok makan. Setelah dicampur, tambahkan 2 gelas air, terus diaduk. Kalau sudah tercampur rata, tambahkan 1 sendok teh garam dan 2 butir telur, terus diaduk lagi hingga rata. Nah, adonan ini sekarang siap untuk dimasak.

Panaskan wajan anti-lengket yang bergagang  di atas api sedang. Beri 1 sendok teh kecil margarin dan goyangkan wajan, hingga margarin yang meleleh tersebar rata.

Tuangkan 1 sendok sayur adonan dan sekali lagi goyangkan wajan, agar adonan juga tersebar merata. Bila adonan tampak sudah matang (warnanya jadi transparan) balikkan adonan sehingga sisi yang lain juga masak.

1

 Karena saya pada dasarnya malas, aku balikkan kuenya dengan cara menggoyang-goyangkan wajan, kemudian saya lempar kuenya ke atas, kemudian tangkap lagi dengan wajan. Pasti tertangkap pada sisi sebaliknya. Buat saya sih gampang. Tapi kalau buat anda?

2

 Kalau sisi lainnya sudah matang, angkat dan taruh di atas piring setelah dilipat dua kali.

3

 Ulangi proses ini hingga seluruh adonan dimasak. Kue yang dihasilkan biasanya cukup buat bikin kenyang seseorang. Tapi bila anda ingin mengundang orang lain, bikin saja dalam jumlah kelipatan yang sesuai.

Karena belum manis, sebelum disantap sebaiknya ditaburi gula pasir atau dituangi Log Cabin Country Kitchen syrup dulu.

 

2 thoughts on “WP 55 – Pannekoek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s