WP 58 – Roti Manis Mini

Karena kedua anak laki saya bersama keluarganya menginap di rumah saya, saya bermaksud untuk membuat sesuatu buat sarapan keesokan harinya.

Tapi begitu saya periksa persediaan bahan saya, alangkah kecewanya saya. Telur ayam tinggal satu butir. Terigu tinggal 400 gram. Itu pun dari yang rendah gluten. Untung masih ada Fermipan (ragi instan), susu bubuk, margarin, coklat roti (muisjes) dan keju. Meski dengan persediaan bahan yang terbatas, saya putuskan untuk membuat roti manis.

Jadi sebelum tidur saya campur 400 gram terigu, 150 gram gula pasir yang sudah dihaluskan 5 sendok makan susu bubuk dan 1 bungkus Fermipan. Setelah itu satu-satunya telur saya kocok dan ku masukkan ke dalamnya. Kemudian sedikit demi sedikit saya tambahkan air hangat dan adonan saya uleni sampai kalis. Sebagai penutup saya tambahkan 5 sendok makan margarin, dan setelah semua teraduk rata, saya tutupi adonan dengan kain lembab untuk mencegah permukaannya jadi kering.

Paginya ternyata sang adonan mengembang dengan bagus, sehingga saya dapat meneruskan membuat roti manis yang berisi keju dan yang berisi coklat. Tentu saja dalam ukuran mini.

Sedikit demi sedikit saya ratakan adonan dengan penggilas. Sesudah tebalnya mencapai kira-kira 1 cm, saya cetak bentuk bundar dengan mulut gelas.

Setelah ditipiskan lagi, aku tuangkan 1 sendok teh coklat roti di tengahnya, lantas pinggirannya saya angkat dan rekatkan menutupi coklatnya. Terbentuklah roti coklat yang bulat.

1

Hal yang sama saya lakukan dengan yang akan saya isi dengan keju. Tetapi waktu saya tipiskan, aku usahakan agar bentuknya memanjang. Pada salah satu sisi saya letakkan sepotong keju, lalu adonannya saya gulung, sehingga terbentuk roti keju yang lonjong.

2

 Setelah semuanya terbentuk, si bakal roti saya istirahatkan barang satu jam dulu agar mengembang lagi.

3

Kemudian baru dipanggang dalam oven dengan api atas. Setelah bagian atasnya berwarna kecoklat-coklatan, api atas dimatikan dan api bagian bawah dinyalakan.

Penggunaan api atas terlebih dahulu gunanya agar bagian bawah roti tidak gosong.

Sebetulnya pada tahap ini, roti sebaiknya diolesi dengan kocokan telur yang sudah ditambah dengan sedikit air, tapi karena telur sudah habis, ya apa boleh buat. Baru setelah semua roti masak dan diangkat, permukaan roti saya olesi dengan margarin, supaya tampangnya lebih cantik.

4

Tampak disini roti manis yang berisi coklat.

5

Dan yang berisi keju.

6

Jangan tanya sampai berapa lama roti ini bertahan, karena sebentar saja telah pindah tempat, masuk ke dalam perut!

4 thoughts on “WP 58 – Roti Manis Mini

Leave a Reply

