WP 59 – Kelepon

Ketika itu Mudhya, cucu saya, menginap di rumah. Karena dia nanya aku berencana mau bikin apa, saya jawab saja mau bikin kelepon. Soalnya bahan-bahannya sudah ada.

Buat pelapisnya saya parut ½ kelapa yang agak muda, mencampurnya. dengan sedikit garam, kemudian mengkukusnya agar tidak cepat basi..

Kini giliran membuat adonannya. Sekitar 20 lembar daun suji saya blender dengan sedikit air untuk menghasilkan air daun suji.

Karena pada pengalaman sebelumnya penggunaan 100% tepung ketan menghasilkan kelepon yang teramat lembek, aku putuskan untuk menggunakan campuran tepung ketan dan tepung beras. Jadi 200 gr tepung ketan saya campur dengan 100 gr tepung beras.

Setelah kedua jenis tepung dicampur secara merata, saya tambahkan air daun suji sedikit demi sedikit sambil diaduk sehingga adonan yang terbentuk dapat dipulung tanpa lengket di tangan.

Untuk isinya, 200 gr gula jawa dipotong kecil-kecil.

Kemudian ambil adonan  dan bulatkan sehingga berupa bola dengan garis tengah ± 2 cm dan pipihkan hingga berbentuk lingkaran. Di tengah adonan yang berbentuk lingkaran  ditaruh sedikit potongan gula jawa, dan pinggir adonan dilekatkan sehingga gula terbungkus di tengah-tengah adonan.

1

Adonan yang sudah berisi gula dimasukkan ke dalam air yang mendidih sehingga masak. Tandanya bahwa kelepon sudah masak adalah bahwa warnanya menjadi hijau muda dan kuenya mengapung ke permukaan.

2

Setelah diangkat dan ditiriskan, kue yang sudah matang digulingkan di atas kelapa.yang sudah diparut.

3

Dengan demikian kelepon siap untuk disajikan.

4

Ada yang berminat untuk bikin sendiri?

7 thoughts on “WP 59 – Kelepon

Leave a Reply

