WP 60 – Kue Ku

Bahan untuk kue ku terdiri dari 2 bagian, yaitu untuk adonan isi dan  untuk adonan kulit.

Pertama kali yang harus dibikin adalah adonan  isinya, karena harus ditunggu dingin dulu sebelum digunakan. Untuk membuat adonan isinya, 100  gr kacang ijo tanpa kulit yang sudah direndam selama 2 jam aku cuci dan tiriskan, kemudian dikukus dan dihaluskan.

Setelah itu direbus dalam 120 cc air dengan 60 gr gula pasir, beberapa lembar daun pandan, ¼  sdt kristal vanilli dan ¼  sdt garam. Merebusnya dengan api kecil sambil diaduk sampai kental. Sehabis itu daun pandannya dibuang. Setelah dingin, adonan isi dapat digunakan.

1 Isi

Buat adonan kulitnya, aku gunakan tepung ketan putih sebanyak 200 gr, santan hangat 140 cc, gula pasir 60 gr, garam 1 sdt dan beberapa tetes pewarna kue yang hijau. Bila anda mau menggunakan pewarna yang merah boleh juga. Bahan-bahan ini diaduk hingga kalis. Untuk mencetak kue ku, anda dapat menggunakan cetakan yang terbuat dari kayu. Bila tidak punya, sendok makan juga bisa digunakan.

2 Papan pencetak

Mula-mula aku bikin bulatan sebesar buah duku dari adonan kulitnya. Setelah dipipihkan di atas papan cetakan yang sudah diolesi minyak goreng, aku beri adonan isi sebanyak 1 sdt di tengahnya, baru ditutup dengan selapis adonan kulit. Bila dilepaskan dari cetakan, maka permukaan yang semula nempel pada papan cetakan akan menjadi permukaan atas.

3 Cetak hijau

Seperti tadi dikatakan, anda juga dapat menggunakan sendok makan sebagai cetakan.

4 cetakan sendok

Setiap kue ku yang sudah selesai dicetak ditaruh di atas sepotong daun pisang. Sebaiknya daun pisang ini TIDAK diolesi minyak goreng, untuk menghindarkan kue ku yang sudah matang terlepas dari daun pisang ketika diangkat dari kukusan..

5 Siap kukus hijau

Setelah semua tercetak, maka kue ku dikukus selama kurang lebih 15 menit. Jangan lupa lapisi bagian bawah tutup kukusan dengan kain agar air tidak menetes ke atas kue. Setelah matang, maka kue ku dapat disajikan.

6 hasil  hijau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s