WP 62 – Serabi Daun Suji

Kalau sebelumnya saya pernah jelaskan tentang serabi tradisional, kali ini saya mau jelaskan tentang serabi yang pernah saya modifikasi.

Waktu itu kebetulan saya lagi home alone, hingga terlintas di benak saya untuk bikin kejutan buat keluarga yang lagi pergi. Apalagi kalau bukan serabi daun suji?

Jadi aku siapkan bahan-bahan berikut:

1 bahan

1 = 200 gr tepung terigu
2 = 2 sdt double acting baking powder
3 = santan kemasan
4 = beberapa lembar daun suji dan daun pandan
5 = 1 butir telur ayam
6 = ½ sdt garam
7 = 75 gula merah.

air tentunya

Tepung, garam, dan baking powder saya aduk jadi satu. Tambahkan 400 cc air daun suji (tentunya daunnya diblender dulu), telur dan sekitar 50 cc santan kemasan.

Kocok sampai tercampur  rata, baru dimasak dalam wajan yang biasa saya pakai untuk bikin pancake. Mau pakai wajan tanah khusus buat serabi kagak punya. Mana kalau pakai itu harus diolesi minyak supaya kagak lengket.

2 dipanggang

Begitu matang segera angkat.

Untuk juruhnya sih gampang. Gula merah setelah dipotong-potong, direbus dengan 200 cc air. Sebaiknya setelah mendidih disaring dulu agar kotoran-kotoran yang mungkin ada dapat dibuang. Kemudian didihkan lagi dengan menambahkan 50 cc santan kemasan dan beberapa lembar daun pandan.

Untuk menyajikannya, taruh beberapa serabi di atas piring dan tuangkan juruh di atasnya.

3 disajikan

Bila anda penasaran, bagaimana rasanya, coba saja bikin sendiri. Pasti tidak akan kecewa.

2 thoughts on “WP 62 – Serabi Daun Suji

  1. Tunggu dulu. Anda di Indonesia atawa di luar negri?
    Kalo di luar negri pasti ada.
    Kalo di Indonesia, cari aja baking powder merk Hercules.(Liat gambar nomor 2).
    Kalo gak ada, bisa diganti dengan baking powder biasa tapi coba dulu. Kalo kurang ngembang, tambah lagi.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s