WP 63 – Caramel Pudding

Caramel pudding merupakan pudding yang dibuat di atas caramel. Bahan-bahan yang diperlukan dapat dilihat pada foto berikut:

1. Bahan

Untuk bikin caramelnya saya panaskan 150 gr. gula pasir di wajan dengan api sedang. Begitu gulanya mulai berubah jadi kecoklatan, saya aduk dan tambahkan 4 sdm air. Jadilah caramel.

Buat adonan puddingnya saya kocok 4 butir telur ayam dengan 100 gr gula pasir sekedarnya sampai gulanya larut. Selanjutnya ke dalam cawan besar saya taruh 8 sdm susu bubuk instan, 2 sdm tepung maizena dan ¼ sdt bubuk vanilli, kemudian saya aduk.

Campuran ini saya masukkan ke dalam telur yang sudah dikocok, dan saya aduk lagi sampai tercampur rata.

Untuk wadahnya saya pakai cetakan kue kecil, agar dapat menghasilkan pudding dengan ukuran yang sopan.

Mula-mula saya tuangkan ¾ sdm caramel ke dalam masing-masing cetakan kue, setelah itu saya tuangkan adonan pudding di atasnya sampai cetakan terisi penuh. Kalau tidak, akan terlalu tipis karena pudding yang sudah matang akan  turun lagi.

Pada bagian atas foto berikut tampak cetakan yang baru terisi caramel saja, sedang di bagian bawah yang sudah ditambahkan adonan pudding..

2. Masuk cetakan

 Setelah itu semua cetakan yang terisi saya kukus dan tentu saja bagian bawah tutupnya saya lapisi kain agar puddingnya tidak kena tetesan air. Setelah 20 menit puddingnya dapat diangkat.

3. Selesai dikukus

Begitu sudah dingin saya keluarkan dari cetakannya. Hasilnya adalah pudding yang lezat tapi dalam ukuran yang terlalu amat sopan.

4. Siap Saji

Mustinya saya pakai cawan yang agak besar, karena sesopan-sopannya ukuran puddingnya, tapi kalau yang makan menyisihkan kesopanannya, berabe juga kan?

2 thoughts on “WP 63 – Caramel Pudding

Leave a Reply

