WP 69 – Rendang

Masakan yang aslinya dari Sumatera Barat ini digemari oleh banyak orang, terutama di bulan Ramadhan, karena selain bisa meningkatkan selera makan, bisa tahan lama.

Kebetulan waktu itu bulan puasa, sehingga saya tertarik untuk membuatnya sendiri dari sejumlah resep yang saya rangkum sesuai dengan selera saya.

Untuk itu saya kumpulkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 750 gr daging sapi dipotong berbentuk kotak-kotak (aslinya sih daging kerbau)
  • santan dari 3 kelapa tua (saya ganti dengan 3 kotak santan kemasan @ 200 cc yang diencerkan dengan air sehingga menjadi  1,5 liter).
  • 1 ruas lengkuas dimemarkan
  • 2 batang serai dimemarkan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 4 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • ½ kg kentang kecil utuh yang tidak dikupas
  • garam dan gula pasir secukupnya

Ditambah bumbu halus yang dibuat dari:

  • 15 bh bawang merah
  • 5 bh bawang putih
  • 4 sdm cabai merah giling, kalau mau lebih pedas bisa ditambah.
  • 5 bh kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdm jinten
  • 1 ruas kunyit
  • Seharusnya ditambah 50 gram “ampas” kelapa (ampas santan pada pembuatan minyak ke­lapa guna memberi warna hitam dan menambah rasa manis). Tapi karena tidak ada, saya gunakan 50 gr ati sapi yang direbus, kemudian diparut.

Cara memasak:

Tumis bumbu halus dan lengkuas sampai harum. Masukkan potongan daging, aduk dan  tambahkan santan dan bahan-bahan lainnya kecuali kentang dan ati yang diparut

1

Bila cairan ting­gal setengahnya, masukkan kentang dan ati yang diparut (atau ampas kelapa) kemudian kecilkan api. Sekali-kali diaduk sampai cairan agak mengering dan daging empuk.

2

Setelah saya angkat, sebagian saya sajikan buat berdua berbuka puasa.

3

Kalau mau tahan lama, begitu sudah dingin simpan dalam tempat yang bersih dan tertutup. Bila selama ini anda hanya bisa membelinya, mudah-mudahan setelah membaca resep ini anda bisa membuatnya sendiri.

Leave a Reply

