WP 72 – Roti Cane & Kari Kambing

Resep roti cane  aku ambil dari http://www.dapurbunda.com/ . Tapi tidak seluruh prosedur aku ikutin. Kari kambingnya sih ngarang sendiri.

Cara bikin roti cane

1

Mula-mula 500 gram terigu (a) aku campur dengan ½ sdt garam (b) dan 1 sdm lebih minyak samin (c). Meskipun namanya minyak, tapi minyak samin lebih menyerupai mentega. Kalau tidak mau pakai minyak samin, pakai margarin juga boleh. Tidak ada yang ngelarang!

Setelah itu aku masukkan 2 telur (d) yang sudah dikocok terlebih dahulu sambil diaduk. Kemudian sesuai dengan resep, aku tambah 160 cc air (e). Tapi rupanya perlu ditambah lagi kalau mau adonan itu jadi kalis. Total airnya bisa lebih dari 400 cc.

Setelah itu aku bagi 8 dan jadikan bola-bola. Menurut resep sih kudu dibagi 7. Tapi kan lebih gampang dibagi jadi 8 bagian? Caranya: setelah adonan dibagi 2, tiap bagian dibagi 2 lagi, kemudian tiap bagian kecil dibagi 2 lagi. Gampang kan? Coba bagi jadi 7 bagian. Pasti puyeng!

 2

Bulatan-bulatan itu didiamkan barang 30 menit di tempat yang ditutupi kain lembab.

Habis itu dengan penggilingan dipipihkan setebal 2 mm, dilapisi dengan minyak samin yang cair.

Adonan yang sudah pipih kemudian di-iris-iris selebar ½ cm yang kemudian digulung menyerupai obat nyamuk.

3

Setelah adonan ini selesai digulung, biarkan barang ½ jam lagi, ratakan lagi pakai penggiling, baru  dipanggang di wajan yang sudah diolesi minyak samin.

4

 

Sekarang caranya bikin kari kambing.

Setengah kilo daging kambing diiris kecil-kecil. Setelah itu ditaburi dengan Paya™ si bubuk pelembut daging. Setelah 1 jam itu daging dicuci dan dibalur dengan 4 sdt bumbu kari siap saji. (Saya lebih suka melembutkan daging itu dengan cara memasaknya dalam panci presto selama 15 setelah airnya mendidih. Airnya jangan dibuang tapi pergunakan pada proses selanjutnya)

5

Baru ditumis dengan sedikit minyak goreng, sampai itu daging berubah warna. Bila dipresto, maka warna daging sudah berubah

6

Sekarang tinggal tambah air secukupnya, 150 cc santan kemasan, garam secukupnya, 2 – 3 sdm cabe giling, 1 sdm kunyit giling, 2 sdm kemiri giling dan 1 – 2 sdm bumbu kari lagi.

7

Biarkan mendidih sebelum diangkat.

8

Begitu selesai, roti cane aku siram dengan kari kambing dan mulai mencicipinya.

9

Kata istri saya, di TV pernah ada yang bikin roti cane, tapi  adonannya dikembangkan dulu pakai Fermipan. Lain kali coba ah!

6 thoughts on “WP 72 – Roti Cane & Kari Kambing

  1. Klo parotha sy pernah diajarin tapi sulit, dari yg bulet itu dipipihkan trus di tepuk2 bergantian kayak dilempar2 gitu ada juga yg pakai kayu gulungan. Adonannya bisa jadi 2 macam yg 1 sy lupa namanya, less oil gitu pak lebih kering hasilnya yang biasa dipakai makan sehari-hari.

    Kalo yg parotha banyak minyaknya, jarang di bikin krn pola diet mereka dr lauk n sayur udah banyak minyak.

    Reply
  2. I’m amazed, I must say. Rarely do I come across a blog that’s both equally educative and engaging, and without a doubt, you
    have hit the nail on the head. The problem is something which not enough
    men and women are speaking intelligently about. I’m very happy I found this in my hunt for something concerning this.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s