WP 73 – Roti Jala

Beberapa waktu setelah membikin roti cane dan kari kambing, saya bermaksud untuk membuat lagi. Tapi Mira, anak saya, minta  dibikinin roti jala, bukan roti cane karena menurut dia roti cane terlalu keras. Nah lu! Padahal setiap kali aku coba bikin roti jala selalu gagal total karena adonannya melebar ke mana-mana hingga hasilnya mirip kue dadar saja.

Sebetulnya cetakan seperti di bawah ini saya pernah punya, meski terbuat dari kaleng. Tapi tetap gagal karena rupanya lubang-lubangnya terlalu besar. Akhirnya aku buang saja.

0. Cetakan

Untung istri saya bilang bahwa dalam acara Master Chef ada yang bikin roti jala. Yang digunakan adalah tempat saus dari plastik. Tapi karena lubang ujung tempat saus punya saya masih terlalu besar, saya sambung dengan sedotan plastik yang lebarnya 1 mm hingga ujungnya lebih sempit.

1

Untuk adonan roti jala aku campur 250 gr tepung terigu, 100 cc santan kemasan yang kental, 600 cc air, 2 butir telur, 1 sdt garam, 2 sdm minyak goreng dan ¼ sdt kunyit halus. Habis itu kocok hingga tercampur rata. Kunyitnya sih buat kasi warna kuning saja, jadi jangan berlebih supaya tidak jadi pahit.

2 adonan

Supaya yakin bahwa semua sudah tercampur dengan baik, aku saring dulu. Baru aku isi tempat saus dengan adonan, dan isinya aku semprotkan ke wajan datar dengan permukaan teflon yang sudah dipanasi di atas api kecil dan dilapisi minyak goreng.

3

Supaya adonan mengalir dengan baik, tekanlah sisi tempat saus secara merata supaya aliran adonan yang keluar sama lebarnya. Buatlah gerakan-gerakan melingkar dengan garis tengah 3 cm, mulai dari tengah ke arah luar. Gunakan api kecil yang rata.

Bila permukaan atas sudah tampak kering, balikkan dengan sodet anti gores. Habis itu lipat dua kemudian lipat empat.

4

 5

Hasilnya dikumpulkan seperti pada gambar di bawah.

6

Karena membuatnya cukup lama, maka saya membuatnya satu hari sebelumnya. Setelah ditutup dengan lapisan plastik, saya simpan dalam lemari es. Sebelum disantap dengan kari kambing, hangatkan dulu dalam oven microwave atau kukus sebentar.

4 thoughts on “WP 73 – Roti Jala

Leave a Reply

