WP 74 – Goulash

Kebetulan di lemari es ada daging seberat 400 gram. Timbullah niat untuk membuat goulash seperti yang pernah saya makan di sebuah “warteg” di Geneve, Swiss. Aslinya goulash berasal dari Hongaria.

Resep tentang goulash sih banyak di internet, tapi saya coba bikin sesuai dengan selera saya.

Karena tidak tau kwalitasnya itu daging, maka saya aduk dulu dengan 1 sdm Paya™ (sejenis meat tenderizer) supaya empuk. Setelah ½ jam saya cuci dan saya iris berbentuk segi 4.

1. Daging

Satu buah bawang Bombay aku iris-iris dan bersama satu siung bawang putih yang dimemarkan, aku tumis dengan 2 sdm minyak goreng. Setelah itu saya masukkan daging dan setelah daging berubah warna, saya tam­bahkan 1 sdt garam, 1 sdt lada hitam halus dan 1 sdt bubuk oregano. Tambah­kan 800 cc air, 1 potong Maggi™ beef cube, 2 sdm pasta tomat, 3 kentang ukuran sedang yang sudah dikupas dan masing-masing dipotong menjadi 4 bagian dan biarkan di atas api sehingga kentang matang.

2. Kentang dimasukkan

Setelah itu tambahkan 1 sdt cabe merah giling. Aduk dan kemudian aku tambahkan juga 1 paprika hijau yang aku iris-iris tipis. Seharusnya sih dipotong agak kasar kayak si kentang. Tapi tak apalah. Bedanya cuman di mata saja. Di li­dah sih sami mawon!

3. Giliran paprika yang masuk

Untuk mengentalkannya, saya tambahkan 1 sdm terigu yang sudah dilarutkan dalam sedikit air.

4. Ditambah larutan terigu

Aduk sebentar dan biarkan sam­pai mendidih lagi. Baru diangkat.

Karena saya lagi suka nasi merah yang hangat, maka dengan itulah saya makan.

5. Siap disantap

6 thoughts on “WP 74 – Goulash

  1. Klo temen sy yg india n pakistan nyebut ini curry. Bukan kari indonesia sih pak.
    Tapi mereka rata2 nyebut masakan mereka curry, kalau di jawa bilangnya sayur (yang sudah masak kayak sop, tumis).
    Bedanya pakai tomat dan cabe ijo gendut.

    O iya, knp masih pakai maggy pak? Dagingnya tidak cukupkah untuk kaldunya?

    Reply
    • Kalo curry, mungkin sama dengan kari di sini.
      Bumbunya juga beda tuh.
      Kadang-kadang kaldu kurang gurih tuh.
      BTW, silahkan modifikasi sendiri resep-resep yang anda coba!
      Asyik deh hasilnya.

      Reply
      • Kadang sih mereka bikin curry dari sayuran. Klo pas malas bikin bumbu sendiri mereka beli yg instan curry masalla.

        Owh kaldunya buat penguat, sy jarang nambahin bumbu instan lain kecuali kecap atau saos pak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s