WP 77 – Bubur Menado

Sebetulnya bubur Menado merupakan bubur yang serba lengkap kandungan  nutrisinya. Untuk membuatnya siapkan bahan seperti tampak pada gambar berikut. Sayang daun jeruk purut, kemangi dan jeruk sambal tidak tampak.

1

Mula-mula 300 gram beras (a) direbus bersama 2 batang sereh (b) dan satu sendok makan garam (c). Airnya secukupnya dulu, karena kalau kurang sewaktu-waktu bisa ditambah. Begitu mendidih, keluarkan batang serehnya dan aduk supaya tidak gosong bagian bawahnya.

2

Soal aduk mengaduk harus terus-terusan, selama masih di atas api. Sementara itu 300 gr ubi merah (d), 300 gr singkong (e), dan 300 gr labu kuning (f) diiris sebesar dadu berukuran 1 cm3.  Jagung (g)  juga diiris supaya lepas dari bonggolnya. Kebetulan yang ada cuma sebatang. Kalau mau, bisa saja ditambah kok. Untuk sayurannya iris 2 ikat bayam (h) dan 2 ikat kangkung (i).

Masukkan singkong, ubi, labu kuning dan jagung ke dalam beras yang sudah hampir jadi bubur,

3

disusul daun jeruk purut (j),

4

5 batang kemangi (k) yang daunnya sudah dilepaskan,

5

kemudian bayam dan kangkung yang sudah diiris-iris.

6

Karena airnya mulai berkurang, tambahkan lagi sampai cukup. Dengan jenis beras murah yang saya pergunakan, air yang dibutuhkan totalnya sekitar 3 liter.

Begitu bubur sudah jadi, kita siapkan sambal terasinya. Mula-mula 5 cabe merah, 2 tomat dan 2 cabe rawit direbus. Supaya bisa halus, digerus dulu dengan garam. Baru ditambahkan terasi dan tomatnya. Terasi dan garam sih sesuai selera saja jumlahnya. Terakhir adalah penambahan air jeruk sambal. Sambel terasi ini disajikan secara terpisah.

7

Kini potong-potong 100 gr ikan asin (x), cuci sebentar dan goreng. Untung saya punya ikan asin jambal. Tapi kalau tidak punya, ikan asin apapun, termasuk peda atau teri bisa juga digunakan.

8

Ikan asin yang sudah digoreng bisa disajikan terpisah, atau bila tidak ada yang menderita tekanan darah tinggi dapat dimasukkan ke dalam bubur.

Dari bahan-bahan yang digunakan, maka anda pasti setuju dengan pernyataan saya di atas, bahwa bubur Menado merupakan bubur yang kandungan nutrisinya tinggi.

Hasilnya adalah sekitar 8 porsi. Tapi jangan heran kalau anda tertarik untuk membikinnya, maka dalam sekejap mata hasil karya anda akan habis tak bersisa.

Jangan tanya kenapa!

9

10 thoughts on “WP 77 – Bubur Menado

  1. Tampaknya barobo merupakan kombinasi makanan Indonesia sama makanan Cina ya? Menarik juga!
    Kalo kapurung kayak apa besarnya?
    Kalo sebesar bola pingpong bisa nyangkut tuh!
    Sekali-kali ceritain dong cara bikinnya.

    Reply
  2. Kalau di kampung halaman suami (sulsel) kami suka bikin barobo’
    Mirip bubur manado tapi nasinya diganti mie.
    Pas makan bisa dikasi saos sm kecap, eh rasanya malah 11-12 sm mie ayam hihhihi

    Selain barobo’ bumer suka bikin kapurung tp sy blm bisa makan kapurung. Katanya langsung telen tp sy kunyah2 juga hahahaha, blm bisa nelen bola-bola sagu

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s