WP 85 – Kena April Mop

Buat mereka yang belum ngerti, maka mop (Belanda) artinya lelucon. Memang orang Belanda pada setiap tanggal 1 April bikin April mop. Tujuannya bukan sekedar lelucon, tapi buat bikin jengkel lawannya.

Peristiwanya berasal pada akhir Maret 1572 ketika sekelompok pelaut Belanda yang menamakan dirinya water geuzen  (pengemis air) karena berselisih dengan fihak Inggris, terpaksa kembali ke negerinya yang sedang dijajah oleh Spanyol. Karena kapal-kapalnya yang berukuran  kecil terbawa arus, maka mereka terdampar di pelabuhan kecil Belanda yang bernama Den Briel.

Mendengar kehadiran watergeuzen di Den Briel, maka admiral Alva dari Spanyol yang armadanya terdiri dari kapal-kapal besar berusaha merebut kembali pelabuhan kecil itu.

Begitu armada Spanyol yang bersenjata lengkap mendekat, fihak Belanda membuka pintu air, sehingga armada Alva jadi porak poranda terdorong  aliran air yang deras. Dengan demikian Den Briel berhasil menjadi kota pertama yang  merdeka dari penjajahan Spanyol. Peristiwa itu dianggap sebagai pelecehan terhadap fihak Spanyol sang penjajah.

Oleh karena itu setiap tanggal 1 April orang Belanda suka bikin “lelucon” untuk melecehkan orang lain, yang sampai kini ditiru oleh bangsa kita tanpa ngerti asal usulnya.

Nah hari ini, tanggal 1 April 2013 saya juga kena April mop. Tapi saya tidak jadi jengkel karenanya. Mau tau kenapa?

Pada tanggal 2 Januari lalu aku beli kartu Blackberry keluaran XL yang lagi promo. Harganya cuman Rp. 90 ribu dan berlaku untuk 3 bulan. Lumayan kan bisa internetan dengan biaya cuman 30 ribu sebulan?

Kartu promo XL

Mustinya awal bulan ini sudah habis masa berlakunya. Tidak heran ketika kemarin malam saya dapat SMS dari XL – Axiata yang berbunyi:

Ingat, pastikan pulsa Anda cukup utk perpanjang BB Full Service Monthly Rp90rb/bulan besok hari.

Siap-siaplah saya kembali ke kartu “Tri” saya, yang cuman nagih Rp. 69 ribu + PPN buat bisa internetan dengan blackberry selama satu bulan.

Eh, tau-taunya pada pukul 01:46 aku dapat SMS dari nomor 568 yang berbunyi:

SELAMAT,Anda sdh bisa nikmati BB Full service Rp0rb utk 3bln.Buka & pasang baterai BB Anda,nikmati email,browsing,chat & FB-an sepuasnya.

Pada pukul 02:06 SMS ini diulang lagi.

Aku pikir: “Iseng bener kirim April mop sampe 2 kali!”

Tapi karena sepulang dari sholat subuh di mesjid tidak ada SMS yang meralatnya, aku buka baterai blackberry ku dan pasang kembali.

Ternyata sampai detik ini saya masih bisa menggunakannya. Sungguh suatu April mop yang menyenangkan!

8 thoughts on “WP 85 – Kena April Mop

    • Aku cerita asal usulnya, untuk jelaskan kenapa orang Belanda pada tanggal 1 April suka ngejailin orang.Lucunya kebiasaan ini ditiru oleh bangsa kita tanpa tau asal usulnya.
      He he he!

      Reply

Leave a Reply

