WP 89 – AWUG, Jajanan Jaman Baheula

Mungkin generasi sekarang tidak kenal apa awug itu. Soalnya awug merupakan jajanan yang setelah tahun1950an sukar ditemukan lagi di Jawa Barat.

Karena rasa nostalgia dengan jajanan ini, saya coba membuatnya dalam format mini. Yang dulu suka dijajakan biasanya dalam format besar, kemudian dijual dengan cara mengirisnya.

Mula-mula pada 250 gram tepung beras saya tuangkan air sedikit demi sedikit sambil mencampurnya dengan jari supaya tercampur rata. Begitu terasa seperti pasir halus, jangan ditambah air lagi, karena bila terbentuk gumpalan-gumpalan besar akan menggagalkan proses selanjutnya. Kemudian adonan ini dikukus selama 15 menit.

Setelah diangkat, aduk lagi. Tapi kali ini dengan sendok kayu. Selama proses ini diberi 1 sdt garam.

1

Biarkan dingin kemudian tambahkan 1/8 kelapa yang agak muda yang sudah diparut dan diberi garam secukupnya.

2

Kemudian beri air lagi sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu. Bila tampak sudah lembab, siapkan kerucut aluminium (untuk membuat tumpeng) yang diberi beberapa potong daun pandan. Masukan sedikit adonan tepung kemudian di atasnya beberapa iris gula jawa dengan jarak sekitar 1 cm dan ditutup lagi dengan adonan tepung.

3

Lakukan hal ini beberapa kali sampai bagian atas kerucut tertutup dengan adonan dan pindahkan ke kerucut yang terbuat dari daun pisang. (Sebetulnya lebih mudah bila dalam kerucut aluminium sudah dilapisi dengan daun pisang, tapi karena terburu-buru tidak terfikir).

4

Kemudian bagian atasnya tutup lagi dengan daun pisang dan disemat dengan biting kemudian kukus lagi selama 30 menit. Angkat dan lepaskan bungkusnya.

5

Setelah dingin, maka awug disajikan dengan cara mengirisnya.

6

Rasanya hampir mirip dengan kue putu.

45 thoughts on “WP 89 – AWUG, Jajanan Jaman Baheula

  1. saya makan terakhir tahun 2004 di kampus saya UNPAD jatinangor.entah sekarang masih ada atau gak.enak…kemarin liat liputan di Asia Food Channel.makanan ini namanya putu piring.beda bentuk mirip piring kebalik.ternyata di china juga ada,namanya kue sarjana.bahan sama proses bikin sama persis.cuma beda bentuk Pak.kl mau harun aer kukusannua di kasih pandan pak. hehe…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s