WP 93 – Bikin Celana Pendek

Kalo di rumah aku paling seneng pake celana pendek. Kagak ribet. Jangan heran kalo 3 celana pendek yang aku borong di Jogja lima taun lalu udah mulai unjuk rasa dengan memamerkan bolong-bolong di mana-mana. Meski udah aku tisik, eh, muncul lagi lobang di tempat laen. Mau dilembiru kagak ada duitnya. Jadi satu-satunya solusi adalah bikin sendiri. Kebetulan aku ada bahannya.

Mula-mula aku bikin polanya. Kalo belon tau caranya, gampang! Dedel aja celana rombeng dan bikin polanya, yaitu pola separoh bagian depan dan pola separoh bagian belakang. Kan bagian kanan dan bagian kiri sama bentuknya. Bedanya cuman ibarat bayangan cermin doang.

Jadi ketika memotong kaennya, letakkan kaen yang udah dilipat dengan permukaan dalam saling berhadapan. Letakkan pola di atasnya dalam posisi tegak sesuai serat kaennya. Semat dengan jarum pentul supaya kagak lari kian kemari.

1. Menempatkan pola

Kini tinggal potong dengan menambah barang 1 cm di sisi tepinya buat jahitan! Karena kaennya ada 2 lapis, maka sekali potong hasilnya akan ada dua.

2. Memotong kain

Kemudian sambung bagian depan dengan bagian depan laennya dengan cara menjait pada pada bagian tengahnya yang bentuknya melengkung. Demikian juga kedua bagian belakang disambung dengan cara yang sama.  Setelah itu bagian depan dan belakang disambung dengan cara menjait  pada sisi pinggirnya dan sisi tungkai sebelah dalam.

3. Jahit

Beginilah tampak bagian depan yang udah disambung.

4. Pinggiran

Sebelon lapisan atas dijait, kita buat dulu 2 lobang buat keluar masuknya tali kolor. Caranya dengan menggunakan alat buat bikin lobang kancing.

5. jahit lubang kancing

Setelah itu bikin sayatan dengan alat di bawah supaya lobang kancing terbentuk.

6. Bikin lubang

Setelah itu lipatan bagian bawah tungkai dijait. Kemudian jait kantong depan kiri dan kanan yang berupa kantong tempelan.

7. Lanjutkan jahit

Sebelon lapisan atas dijahit, selipkan dulu pita karet di antaranya. Pita karet ini harus lebih pendek dari lingkaran perut kita. Supaya kagak bergeser, sebelonnya itu pita karet dijait di tempat sambungan yang jumlahnya ada empat.

8 Jahit pita karet

Baru selipkan tali kolor dengan bantuan peniti di ujungnya, supaya mudah digerakkan lewat lubang yang terbentuk ketika sisi atas dilipat ke dalam dan dijait. Dengan ujung tali kolor di sebelah dalam, maka kagak bakal keliatan dari luar. Dengan demikian penampilan bisa rapi-jali!

9. Pasang tali

Beginilah penampiln celana pendek yang sudah jadi. Gampang kan bikinnya?

10 Selesai

24 thoughts on “WP 93 – Bikin Celana Pendek

  1. jos gandos ….
    udah dicoba nih bongkar pasangnya, alhamdulillah, enak coy…
    pola dipatenin, bisa bikin banyak…

    Reply
  2. Waktu sekolah dulu, pernah juga saya bikin celana pendek, bahannya dari spanduk yang sudah tak terpakai. Tapi paling praktis, motong celana panjang yang bagian bawahnya telah kusam atau rusak.

    Salam kenal Eyang, saya senang dengan kreativitas yang ada.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s