WP 94 – Spaghetti Bolognese

Spaghetti Bolognese merupakan makanan khas Italia yang cukup populer di Indonesia. Bila anda biasanya harus ke restoran untuk menyantapnya, mudah-mudahan setelah membaca resep ini, anda dapat membikinnya sendiri.

Berikut adalah bahan – bahan yang diperlukan untuk 4 – 6 porsi.

1 Bungkus  spaghetti 200 gr

2 Sendok makan margarin

300 gr Daging giling

1 Bawang bombay ukuran besar

4 Siung bawang putih

1 Sendok teh bubuk daun thyme kering *)

3 Sendok teh bubuk daun oregano kering *)

*) Dapat diganti dengan 4 sendok teh “Italian Seasoning”

½ Kaleng pasta tomat @170 gr, bila suka bisa ditambah

Garam secukupnya

Merica halus secukupnya

4 Sendok makan minyak goreng

1 Beef cube

4 – 6 Sendok makan keju Parmesan bubuk

Tabasco (untuk yang suka pedas)

Bila susah mencari keju Parmesan, ambil saja sepotong keju Edam (yang biasa digunakan untuk membuat kaas stengels) dan parut dengan parutan halus.

Sekarang tentang cara membuat saus tomatnya

Bawang bombay dan bawang putih diiris tipis – tipis, tumis dengan minyak goreng sampai baunya harum.

1

Masukkan daging giling, aduk sampai warnanya jadi coklat.

2

3

Masukkan pasta tomat dan air satu setengah gelas.

4

5

Tambahkan garam, merica dan beef cube. Kecilkan api, dan masukkanlah bubuk daun oregano dan thyme  (atau Italian Seasoning). Aduk sampai semuanya menjadi agak kental.

Untuk  memasak spaghetti perhatikan cara berikut:

Rebus air secukupnya sehingga mendidih. Masukkan spaghetti ke dalamnya. Jangan patahkan batang-batang spaghetti bila tidak muat ke dalam pancinya.

Tunggu hingga bagian bawah mulai lembek, kemudian tekan bagian atas ke dalam air yang mendidih, sehingga seluruh batang spaghetti masuk ke dalam air yang mendidih.

6

Aduk pelan-pelan agar bagian bawah tidak gosong sampai seluruhnya masak. Tandanya adalah bahwa warnanya menjadi transparant dan terasa halus bila dipegang.

Kemudian tiriskan dan aduk dengan margarin agar tidak lengket.

7

Sajikan spaghetti yang sudah masak dan sausnya secara terpisah. Pada gambar di bawah, keju Parmesan dan Tabasco tidak tampak.

8

Untuk menyantapnya tuangkan spaghetti secukupnya di atas piring masing-masing, tuangkan saus tomat secukupnya dan taburi keju Parmesan di atasnya. Untuk yang suka pedas, dapat ditambah beberapa tetes Tabasco.

9

17 thoughts on “WP 94 – Spaghetti Bolognese

  1. setuju pak, enakan bikin sendiri, mau asin mau manis, sesuai selera kita. abis baca postingan pak Amir, jadi pengen spagheti bolognese nih..

    Reply
  2. sebenernya gak perlu dikasih margarin lagi biar gak lengket, eyang. aku pernah baca diblog nya siapa ya.. orang bule jago masak dan jago bikin bento lunch gitu, lagi panas2nya abis ditirisin langsung siram pake air dingin.. trus aku nemuin di bungkus spagetti yang aku beli di sini, juga gitu, gak perlu kasih oil lagi katanya. *Sayang udah aku buang bungkusnya,

    Reply
  3. Sama dengan Mbak Endah, saya juga sering bikin yg instan..giliran bikin yg panjang2 ini pancinya ga cukup dan saya patahkan jd 2 hehee.. ternyata ada cara lain..
    trus sayangnya bumbu2 yg bikinan sendiri ternyata kurang, saya cuma pakai bumbu instan spageti juga.. *ketauan malesnya deh sayah🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s