WP 96 – Bikin Celana Panjang Buat Ifa

Waktu aku bikin celana pendek ke 4 buat diri saya sendiri, Ifa (cucu saya yang ketiga) memperhatikannya. Ketika aku tanya apa dia mau dibikinin celana, jawabnya singkat: “Kagak mau!”. Tapi setelah aku liatin bahan berwarna pink yang dulu aku pernah beli, jawabannya berobah. Jadi aku ambillah ukuran-ukuran badannya.

1 ukur

Berdasarkan ukuran-ukuran yang aku ambil, ku buatlah pola di atas secarik kertas. Tentunya dalam skala kecil, yang kemudian saya contek ke atas kaen sesuai ukuran sebenarnya.

2 gambar pola ke kain

Barulah aku gunting sesuai pola yang ku bikin. Tentu saja dengan melebihkan barang 1,5 cm di pinggirnya buat jaitan.

3 Gunting

Abis itu aku jait zig-zag pinggirannya supaya kagak amburdul. Kebetulan mesin obras saya masih diservis.  Mula-mula bagian kiri depan aku sambung  dengan bagian kanan depan. Disusul dengan bagian kiri belakang dengan bagian kanan belakang. Setelah itu bagian depan dijait ke bagian belakang. Gampang kan? Baru bagian atasnya diberi pita karet supaya kalo dikenakan kagak melorot.

4 Jahit

Mau liat hasilnya? Ini dia!

5 meragakan

25 thoughts on “WP 96 – Bikin Celana Panjang Buat Ifa

      • Bukan bgt pak mksdnya
        Baby doll itu istilah nama baju santai buat dirumah
        Ada yg model daster ada yg atasan bawahan
        Yang pake nanti dik ifa bukan boneka pak😀

Leave a Reply

