WP 97 – Pepes Ikan

Kebetulan saya masih ada seekor ikan mas pemberian tetangga yang hobi mancing. Setelah dibersihkan dari jeroannya, beratnya sekitar 3 ons. Saya putuskan untuk dibikin pepes saja. Ikan itu saya taruh di atas selembar daun pisang batu.

Kemudian saya campur bumbu halusnya yang terdiri dari 1 sdm kunyit halus, 1,5 sdm bawang putih halus dan 1,5 sdm bawang merah halus. Semua saya beli dari tukang bumbu di pasar. Sengaja tidak saya tambahkan garam, karena bumbu halus sudah asin.

Setelah bagian luar dan bagian dalam ikan dilumuri bumbu halus, saya taburi 1 genggam daun kemangi, 1 cabai hijau besar yang diiris halus-halus, 1 batang sereh yang dikeprek dan dipotong-potong sepanjang 5 cm, serta beberapa lembar daun salam dan daun jeruk purut.

1

Setelah dibungkus dengan daun pisang, saya kukus dalam dandang selama 30 menit. Bila mau durinya jadi halus, kukus dalam panci presto selama 2 x 30 menit. Yaitu setelah 30 menit pertama api dimatikan dan biarkan dingin, tambah air kemudian dikukus lagi selama 30 menit. Sayang alat buat ngukus yang datang bersama panci presto saya tidak dapat ditemukan.

2

Setelah selesai dikukus, dipanggang di atas api kecil selama 4-5 menit pada kedua sisi. Maksud pemanggangan ini hanya untuk menambah aroma saja.

3

Beginilah tampaknya ketika akan dihidangkan.

4

18 thoughts on “WP 97 – Pepes Ikan

Leave a Reply

