WP 98 – Bikin Meja Lipat Serbaguna

Beberapa bulan lalu dapur direnovasi. Semua lemari gantung dan yang ada di bawah, dibongkar semua. Soalnya sebagian besar sudah jadi santapan rayap. Kebetulan ada tutup lemari yang terbuat dari plywood berukuran cukup besar yang masih utuh. Jadi saya bermaksud untuk membuat bagian atassebuah  meja. Untuk memotong sesuai ukuran yang saya hendaki, aku gunakan jigsaw listrik.  Karena sudah sore aku simpan semua pekakas dan bersihkan semua sampah.

1 potong plywood

Besoknya aku terusin pekerjaan yang ku tinggalkan. Untuk kakinya saya belikan kayu lat dari penjual kayu bekas. Soalnya kalo beli yang baru, harganya setinggi langit. Karena ternyata kurang, aku pergunakan sepotong papan yang ada di rumah. Karena permukaannya masih kasar, aku pergunakan serut listrik. Setelah itu baru aku belah hingga diperoleh kayu selebar 4 cm, sama lebarnya dengan kayu lat yang aku beli.

2 serut

Tinggal sekarang aku bikin kakinya yang bisa dilipat. Untuk menyambung bagian- bagiannya aku gunakan sekerup. Tentu saja kayunya harus dilubangi dulu. Sekarang gilirannya aku pake bor listrik.

3 Bor

Jadilah meja lipat yang aku bikin. Tapi gitu aku perhatikan, ternyata miring-miring karena waktu bikin kakinya aku kagak pake siku-siku. Karena udah sore dan aku janji bikin klappertaart buat istri dan anak saya, maka aku tinggalkan pekerjaan perkayuan, dan setelah semua dirapihkan, aku pindah ke dapur. Malamnya baru terasa bahwa meskipun semangat masih menggebu-gebu, tapi badan terasa pegal-pegal. Mungkin karena umur yang tersisa tinggal dikit ya? Terpaksalah pukul 8 malam sudah tidur.

4 Jadi serba mencong

Tadi pagi aku bereskan konstruksi kakinya. Berikut penampilan dari 2 sudut berbeda. Atasnya dengan mudah dapat dicopot, sedangkan kakinya dapat dilipat.

5 diperbaiki 1

6 diperbaiki 2

Mungkin ada yang tanya buat apa meja ini. Namanya juga serbaguna. Buat apa saja bisa, termasuk buat main gaplek (domino) bersama para tetangga.

7 salah satu fungsi

22 thoughts on “WP 98 – Bikin Meja Lipat Serbaguna

  1. Salam kenal dok… saya Yuanita.
    senang sekali lihat blog ini, apalagi dokter serba bisa, masak bisa, perkayuan bisa, jahit pun juga bisa.
    tetap semangat ya dok…

    Reply
  2. lah pak kan kayu di dapur di makan rayap, kog pake plywood lagi? ga sekalian kayu dan dicat anti rayap gitu?
    meja serbagunanya keren.. dan mainan dominonya keren..

    klapetartnya mana?

    Reply
  3. Waah.. cape banget pasti ini bikin meja lipat begini sendirian saja, suami saya juga suka perkayuan begini, peralatan potong kayu/triplek dan bor listrik sprt diatas juga ada.
    sayangnya baru sebatas digunakan buat motong2 triplek buat nambal langit2 rumah yg jelek hehehe, belum untuk buat meja lipat..

    Reply

Leave a Reply

