WP 101 – Penipuan semakin canggih

Kalo dulu penipuan lewat omongan, terus meningkat lewat telepon dan SMS dan disusul lewat e-mail, sekarang jauh lebih canggih.

Lewat web-site!

Gak percaya? Ini ceritanya.

Kemaren dulu aku terima SMS di blackberry saya yang menggunakan kartu “Tri”.

Bunyinya:

Plgn Yth!! Slmat  Anda mendptkan Hadiah dari  Three care 2013  pin:d377hi8 U/info klik: www.gebyar-3care2013.webs.com

Yang ngirim 08989517149. Karena PIN BB saya bukan itu, aku tau bahwa itu salah alamat atawa upaya penipuan.

Iseng-iseng aku buka web-sitenya.

Langsung tampak 4 layar berikut bergeser dari kanan ke kiri. Persis kayak web-site Tri beneran.

No 1No 2No 3No 4

Bahkan ada peringatan yang berbunyi: “HATI-HATI TERHADAP PENIPUAN YANG MENGATAS NAMAKAN TRI! Dapatkan informasi resmi Tri di dunia maya hanya di www.gebyar-3care2013.webs.com

Padahal web-site Tri yang resmi cuman di http://tri.co.id doang

Lucunya kalo kita klik icon-icon yang ada, bergiming aja kagak. Yang bisa kita klik cuman “PROGRAM UNDIAN”, “DAFTAR PEMENANG”, “PRABAYAR” dan “FAQ”

Kalo kita klik DAFTAR PEMENANG, inilah isinya.

No 5

Menggiurkan kan? Apalagi kalo dikatakan bahwa dengan PIN d377hi8, saya bakal dapat Toyota Alphard. Tapi itu hadiah kagak bakal datang sendiri karena ada syarat sebagai berikut:

Syarat dan ketentuan pengambilan hadiah:

1. Hadiah Pemenang akan diantarkan setelah melunasi Pajak Administrasi biaya balik nama STNK/BPKB pemenang sebesar Rp3.750.000 (Tiga Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Keputusan ini mutlak dan tidak bisa di ganggu gugat.

2. Hadiah pemenang akan diantarkan setelah pajak administrasi di selesaikan.

3. Pajak administrasi dikirim lewat Rekening yang suda di tentukan oleh perusahaan PT. Hutchison CP Telecommunications.

4. Batas pengiriman pajak administrasi hanya berlaku 1x 24jam.

5. Pemenang di wajibkan melaporkan biodata lengkapnya untuk memperlancar pengiriman hadiahnya.

6. Hadiah pemenang diantarkan langsung ke alamat pemenang melalui Jasa Penerbangan, dengan  menggunakan Pesawat Kargo BOEING 737 GX dari bandara Halim Perdana Kusuma menuju ke Bandara atau Lapangan Penerbangan yang terdekat di daerah Anda. setelah itu perjalanan dilanjutkan ke alamat pemenang.

7. Bila pemenang tidak mampu memenuhi syarat dan  ketentuannya tersebut maka PT. Hutchison CP Telecommunications, berhak untuk mengundi ulang kembali hadiahnya.

Tampak ada yang mencurigakan enggak? Coba liat nomor 1 dan nomor 4. Untuk semua hadiah, bea balik nama (termasuk uang cash) sama besarnya dan kudu dibayar dalam waktu 1 x 24 jam.

Jadi buat orang yang kagak pake otak, dan langsung jingkrak-jingkrak sorak-sorak bergembira, pasti ngehubungi manusia yang terpampang di bawah ini.

No 6

Hasilnya?

Duit melayang tapi hadiah kagak datang.

Meski cara penipuan ini tampak  cukup canggih, mana bisa aku kena tipu!

Semoga anda juga kagak!

16 thoughts on “WP 101 – Penipuan semakin canggih

  1. semalem dapet sms bilang dapet undian point plus plus dari indosat.
    langsung inget sama postingan opa yang ini. Coba buka alamat website yang di kasih.
    hasilnya :
    nomer pin & nama hadiahnya sama persis sama yg di web nya tri (yg opa ceritain di atas).
    kebetulan suami ku juga pake indosat, dia juga dapet sms yg sama. Masa nomer pin nya sama dengan aq?😀

    oh ya, foto direkturnya juga sama opa. cuma diganti nama sama nomer telp nya aja.

    ni alamat website nya.

    http://indosat-undian2013.webs.com/pemenang-undian

    untung udah sempet baca postingan opa, jadi udah ga kaget deh.

    Reply
    • Saya malahan baru aja dapat berita bahwa saya menang Kijang Inova dari Telkom. Bebas pajak, tapi kudu bayar bea balik nama sebesar Rp. 3.850.000. Menang kok dapet mobil bekas. Nipu lagi, nipu lagi!

      Reply
    • Oleh yang mengaku dari Telkomsel, aku dua kali dikasitau dapat hadiah 15 juta perak. Tapi kudu ke ATM.
      Mungkin kalo udah di ATM aku bakal diarahkan untuk transfer 15 juta ke dia.
      Jadi aku sengaja berlaga bloon, dan tanya macem@ supaya pulsanya habis.
      Setelah itu aku caci maki dia dengan nama binatang berkaki empat yang gak punya leher!

      Reply
  2. satu lagi yang mencurigakan, ngapain juga hadiah harus di kirim pakai cargo dari halim, kayak barang itu hanya bisa di beli di jakarta aja.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s