WP 104 – Klappertaart panggang yang top!

Kemarin saya coba membuat klappertaart dengan resep yang saya kutip dari http://resepmasakanmu.com/resep-makanan-klappertaart-klasik.htm. Kue yang dihasilkan memiliki bentuk yang bagus, dalam arti kata bahwa permukaan atasnya tidak ambles. Sayang  rasa maizeina yang sangat mencolok kurang berkenan di lidah saya.

Oleh karena itu kali ini saya tetap menggunakan resep saya sendiri, tapi mengikuti prosedur pembuatan yang disarankan, meski dengan sedikit modifikasi. Karena yang ada di rumah hanya saya sendiri, maka saya buat setengah resep saja.

Tepung terigu sebanyak 50 gr saya larutkan dalam 100 cc susu kemudian dikocok dengan 2 butir telur (seharusnya sih 1,5 saja).

1

Selanjutnya150 cc susu saya rebus dengan 1,5 sdm margarin dan 75 gr gula.

2

Setelah mendidih, saya kecilkan apinya dan tambahkan larutan terigu tadi. Saya aduk hingga kekentalannya menyerupai bubur encer dan segera angkat. Jangan tunggu sampai mendidih lagi!

3

Setelah itu saya tambahkan daging satu kelapa muda yang sudah dikerok dan aduk hingga tercampur secara merata.

4

Kemudian adonannya saya masukkan ke dalam wadah yang sudah diolesi margarin.

5

Karena kekentalannnya seperti bubur encer, maka permukaannya dengan sendirinya menjadi rata.

6

Saya panggang dengan api bawah selama 30 menit, hingga pinggirnya berwarna kecoklatan. Setelah itu aku panggang dengan api atas selama 10 menit.

7

Hasilnya? Bentuknya cantik karena permukaannya tidak ambles.

8

Dan rasanya luar biasa enaknya.

24 thoughts on “WP 104 – Klappertaart panggang yang top!

  1. wow..rupanya pak Amir ngeblog di WP juga..baru tau..masih inget sy yg dulu ngeblog di multiply juga nggak pak..hehe..

    saya suka banget klapertaart ternyata caranya cukup sederhana, kecuali masalah ovennya nih..kalau dipanggangnya cuma dg api di bawah, ga bisa ya pak..? oven yg ada api atas bawah itu oven khusus ya..? oven sy yg menyatu dg kompor gas (di bagian bwh kompor), tapi apinya cuma di bagian bawah aja…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s