WP 107 – Ikan bandeng bumbu bali

Kebetulan saya masih punya ikan bandeng ukuran sedang (kira-kira 6 ons). Ketika saya mau pepes, istri saya minta supaya dimasak bumbu bali saja.

Jadi saya siapkan 7 bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 cabai merah, 1 tomat merah, 1 sdm garam, 1 sdm asam, 4 kerat tipis laos, 2 sdm kecap manis, minyak goreng secukupnya dan tentu saja ikan  bandeng yang sudah dibersihkan.

1 bahan

Kemudian bawang merah, bawang putih, garam, cabe dan tomat diulek sampai halus. Sedangkan asam dilarutkan dalam sedikit air, untuk diambil cairannya.

2 diulek

Ketika ikan bandeng mau saya goreng, istri saya minta supaya dipresto dulu  barang ½ jam. Tidak mengherankan kalau buntutnya putus dan sebagian kulitnya ngelupas ketika akan digoreng.

3 Digoreng

Bumbu yang sudah dihaluskan dan irisan laos ditumis dengan minyak secukupnya. Bila sudah matang, tambahkan kecap dan air dari asam tadi.

4 ditumis

Masukkan ikan bandeng yang sudah digoreng ke dalamnya dan biarkan sebentar agar bumbunya meresap sebelum diangkat.

5 Masukkan bandeng

Demikian penampilannya sebelum disantap dengan nasi hangat.

6 Sajikan

Bila anda mau bikin dengan ikan lain, tidak ada masalah. Silahkan coba.

4 thoughts on “WP 107 – Ikan bandeng bumbu bali

Leave a Reply

