WP – 108 Akhirnya selesai juga

 

Apa yang dulu dengan mudah dapat diselesaikan, mungkin sekarang tidak akan semudah itu lagi. Yang mempengaruhi selaen kurangnya latihan, mungkin juga faktor usia.

Pada tahun 70an sampe tahun 80an, saya biasa bikin baju sendiri berdasarkan pola yang saya beli di Inggris. Setelah pindahan beberapa kali, itu pola-pola entah lari ke mana. Jadi berentilah aku bikin pakaian sendiri, kecuali buat cucu yan cara bikin bajunya kagak ribet.

Beberapa waktu lalu, aku bikin celana pendek sendiri karena cara jaitnya kagak ribet. Beda dengan kemeja. Kebetulan  beberapa hari lalu iseng-iseng saya mau bikin kemeja lengan pendek. Soalnya ada bahan dengan lebar 150 cm dan panjang 100 cm.

Polanya sih bikin dari kemeja tua yang aku bongkar. Begitu bagian-bagian utamanya udah saya potong, ternyata bahannya kurang buat kantong dan leher.

Untung bahannya masih ada yang jual. Mau beli 10 cm kagak boleh. Kudu 50 cm aja. Karena kagak terlalu mahal, ku beli juga.

Rupanya bagian leher yang paling susah ngejaitnya, apalagi dengan daya liat yang semakin redup terutama pada malam hari. Terpaksalah motong buat bagian leher sampe 3 kali, karena salah jait melulu. Untung juga beli bahan tambahan sepanjang 50 cm.

Tentang cara jaitnya saya kagak akan ceritakan. Untuk menjelasinnya aja udah ribet. Pasti yang bacanya bakal pusing 7 keliling.

Saya kasi sekedar gambaran saja gimana saya bikinnya.

Mula-mula saya potong sesuai pola yang aku bikin.

1 potong

Supaya rapih, pinggirannya aku obras dulu. Kebetulan mesin obras yang udah lama gak bisa dipake, selesai diservice, sehingga dapat dipergunakan lagi.

2 obras

Agar lipatan-lipatan berbentuk bagus, gunakanlah setrikaan. Ini bagian dari leher baju yang saya setrika.

3 Setrika

Begitu selesai dijait, saya bikin lobang kancingnya pake mesin jait supaya rapih. Kancingnya sih dijait tangan aja.

44 lubang kancing

Setelah jadi, inilah penampilannya.

5 Jadinya

Kalo anda gak sabaran, mending suruh tukang jait membikinnya. Sekalian bagi nafkah pada orang laen.

8 thoughts on “WP – 108 Akhirnya selesai juga

  1. salut deh ama bapak, bisa telaten jahit baju sendiri. Biasanya, kalau sudah selesai satu, bisa pingin lagi… pingin lagi. hehe… lama2 malah jadi penjahit beneran nih.

    Reply

Leave a Reply

