WP 112 – Kolak Pisang

Suatu waktu aku beli satu sisir pisang kepok. Jadi malamnya ½ sisir aku goreng. Tapi karena pisangnya sudah terlalu tua, pisang gorengnya terlalu lunak. Tidak enak sama sekali.

Baru tadi terpikir untuk bikin kolak. Tapi kolak kan makanan biasa? Bisa tidak bikin variasi yang lain dari yang lain?

Jadi akhirnya bahan-bahan berikut saya kumpulkan.

Image

½ sisir pisang kepok dipotong kecil-kecil

½ kotak santan kemasan

2 potong gula merah diiris halus

½ sendok teh garam

3 lembar daun pandan

1 potong kayumanis panjang 10 cm

5 cm jahe dipotong tipis-tipis.

Semuanya saya rebus dengan 3 gelas belimbing (750 cc) air.

Image

Begitu mendidih saya angkat, terus saya cicipi.

Rasanya?

Hmmmm! Super maknyus! Sungguh eksotik rasanya. Apa lagi nanti buat buka puasa.

Tidak percaya? Coba aja bikin sendiri.

Image

Bila mau, bisa ditambah kolang-kaleng, ubi jalar, atau singkong. Tapi namanya bukan kolak pisang lagi ya.

8 thoughts on “WP 112 – Kolak Pisang

Leave a Reply

