WP 120 – Kacang Bawang Tanpa Minyak

Biasanya kalau saya bikin kacang bawang tanpa minyak, saya pergunakan oven microwave. Tapi karena banyak menggunakan tenaga listrik, kali ini saya sangrai saja. Soalnya tarif listrik melonjak terus.

Mula-mula 500 gram kacang tanah yang sudah dikupas, saya rebus dalam 500 cc air. Ke dalamnya saya tambahkan 3 sdt garam, dan 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan. Ini dilakukan agar rasa bawang dan rasa asin menyerap ke dalam kacang.

Image

Setelah mendidih sejenak, angkat dan tiriskan.

Image

Setelah agak kering, sangrai dalam wajan di atas api kecil. Setelah sekitar 10 menit bawang putih halus akan gosong. (Hal ini tidak akan terjadi bila menggunakan oven microwave). Segera angkat kacang dari api dan dengan ayakan yang kasar, hilangkan serpihan-serpihan bawang putih yang gosong.

Kembalikan kacang ke dalam wajan yang dipanasi dengan api kecil, dan bubuhkan 4 siung bawang putih yang sudah diiris tipis-tipis. Irisan bawang putih ini dibubuhkan belakangan agar tidak gosong terlebih dulu. Jangan lupa mengaduknya dengan teratur.

Image

Setelah disanggrai lagi sekitar 15 – 20 menit, angkat dan biarkan dingin di atas piring besar. Bila belum renyah, sebaiknya sanggrai lagi, tetap pakai api kecil.

Image

Setelah dingin, simpan ke dalam stop fles.

Image

23 thoughts on “WP 120 – Kacang Bawang Tanpa Minyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s