WP 122 – Sambel Goreng Kentang

Sambel goreng kentang merupakan kesukaan Ifa, cucu saya yang ketiga. Terutama di bulan puasa ini. Pada usia 8 tahun dia sudah bisa puasa sejak awal dan sholat tepat pada waktunya, kecuali sholat subuh, yang biasa dia lakukan pada sekitar pukul 7:30 karena ngantuk.

Biasanya sambel goreng kentang yang berisi kentang kering, teri dan kacang dibelikan oleh Mira, anak saya. Kebetulan persediaannya tinggal sedikit. Kasian Ifa kalau tidak ada lauk kesukaannya.

Jadi tadi saya coba bikin sendiri.

Setengah kilo kentang saya parut dengan parutan kasar. Kalau menurut istri saya, sebaiknya diiris tipis-tipis, tapi dasar saya yang tidak sabaran. Kemudian saya rendam dalam air kapur sirih barang ½ jam.

Image

Setelah itu saya bilas lagi dengan air kran, dan setelah ditiriskan saya goreng di atas api kecil sehingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.

Image

Kini giliran 2 sdm teri nasi saya goreng, juga di atas api kecil, dan setelah matang, angkat dan tiriskan.

Image

Tiga cabai merahkriting  saya gerus dengan 2 sdt garam dan kemudian ditumis sampai masak.

Image

Masukkan kentang dan teri yang sudah masak dan aduk. Sebetulnya harus ditambah dengan sekitar 3 sdm kacang goreng. Tapi karena Ifa kurang suka, dan di dapur tidak ada persediaannya, ya tidak saya tambahkan.

Image

Angkat dan tiriskan sampai dingin sebelum disimpan dalam stopfles. Karena puasa, saya tidak tahu apa garamnya cukup atau tidak. Kalau kurang tinggal ditambah saja nanti.

 Image

22 thoughts on “WP 122 – Sambel Goreng Kentang

  1. gak mesti kentang kan, yg penting bahannya bisa berasa kriuk2 setelah digoreng. mohon maaf ya. taqoballahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum kullu ‘amin wa antum bi khoir

    Reply

Leave a Reply

