WP 137 Ngumpulin lagu-lagu jadul

Aku paling males kalo dengerin lagu-lagu di radio. Bikin pening kepala aja. Menurut saya lagu-lagu jaman sekarang bukan lagu, tapi bising doang. Maap kalo ada yang tersinggung.

Kalo saya lebih suka lagu-lagu jadul. Namanya juga manusia jadul. Bayangin aja, InsyaAllah bulan depan usia saya sebesar ¾ abad + 1 taun.
Biasanya saya dengerin lagu-lagu jadul dari cassette player atawa phonograph yang jarumnya dihadiahin sama mba Enkoos.
Tapi setelah speaker saya amburadul karena dibiarin kehujanan oleh kuli-kuli yang ganti atap, ke mana lagi bisa nikmatin lagu-lagu jadul kalo gak dari Youtube? Tapi kalo sambungan internetnya lagi letoy, baru bunyi sepotong, langsung kudu liat lingkaran-lingkaran kecil muter searah jarum jam. Istilah kerennya sih “buffering”.
Jadi satu-satunya cara adalah mendownload dan simpen dalam komputer. Cuman gara-gara hard disk saya udah saya format ulang, aku lupa software apa yang biasa saya gunakan buat download dari Youtube. Jadi aku tanya sama paman Google. Jawabnya: “YTD Video Downloader”.
Rupanya cara kerjanya gampang sekali. Begitu kita nyalakan YTD dan klik “Download”, kita diminta link ke Youtube yang kita tonton. Cukup linknya kita copy, selanjutnya akan di-paste secara otomatis ke YTD.
Istimewanya, kita bisa download banyak video sekaligus. Hasil download akan tersimpan dalam “My Documents” dalam format mp4.
Kalo kita klik hasilnya, cuman lagunya yang kedengaran. Videonya gak tampak. Supaya videonya bisa tampak, kudu di-convert ke format avi terlebih dulu. Juga dengan YTD. Gitu kita klik “Convert”, kita diminta tunjukkan file mp4 mana yang mau di-convert. Kita tinggal pilih filenya yang ada di “My Documents”. Menurut YTD kalo mau convert beberapa file sekaligus, kudu beli YTD yang “Pro”, bukan yang “Basic”.
Tapi menurut pengalaman saya, dengan yang basic bisa juga convert beberapa file sekaligus. Pada gambar berikut tampak di “Progress” warna biru pada file yang sudah atawa sedang didownload dan warna kuning pada file-file yang sudah diconvert, lengkap dengan %nya.
Image
Pada gambar di bawah ini tampak file “Julio Iglesias – Hey!.mp4” yang lagi mau diconvert ke format XVid MPEG-4 Codec (AVI). Kalo file mp4nya mau dihapus abis itu, klik aja kotak di depan “Delete original file after conversion”.
Abis itu klik “CONVERT VIDEO”. Volumenya juga bisa diperkecil maupun diperbesar. Aku pilih pake volume seperti asalnya.
Image
Pada gambar berikut tampak filenya lagi 27% diconvert. Prosenya cepet kok.

Image

Kalo udah diconvert, file avi bisa dibuka dengan program-program seperti “Windows Media Player”, “Media Player Classic”, atawa program-program sejenis.
Berikut penampilan salah satu video yang aku nikmati. Ada tau engga nama group penyanyi dan orchestranya?

Image

2 thoughts on “WP 137 Ngumpulin lagu-lagu jadul

  1. ya ampun paaaak….
    heibat njenengan🙂

    aku aja yg masih segini mudanya (ehem, ya gak segitu mudanya juga sih, hihi) paling males kalo harus download aplikasi dan baca step-by-step nya….. dalam bahasa Inggris, pulak!
    :mrgreen:

    Reply

Leave a Reply

