WP 139 Kalo ada masalah jangan nyerah – gunakan akal

Sebagai orang yang pantang nyerah, itulah yang selalu saya lakukan sejak kecil.

Sebagai contoh, sewaktu di SMA saya gak sampe ati minta duit sama ortu yang penghasilannya pas-pasan. Untuk itu saya perhatikan pekerjaan apa saja yang saat itu akan diserahkan kepada tukang untuk dikerjakan, seperti betulin alat-alat listrik, mengapur rumah dan sebagainya. Jadi saya tawarkan untuk saya kerjakan sendiri dengan biaya 50% dari kalo dikerjakan oleh tukang. Mula-mula ibu saya ragu apakah saya bisa ngerjakan. Jadi aku bilang: “Kalo gak bisa ya nanti serahkan sama tukang aja.”
Ternyata hasil kerjaan saya gak kalah sama kerjaan tukang, malah lebih cepet lagi! Sejak itu, jangan heran kalo pekerjaan reparasi diserahkan ke saya.
Ada contoh laen lagi. Untuk menghemat buku tulis, semua PR saya tulis pake pinsil. Gara-gara ini, seorang guru pernah negor saya. Tapi setelah saya jelaskan bahwa kalo penuh saya hapus supaya gak perlu beli buku tulis, dia terdiam.
Supaya gak perlu beli buku pelajaran aljabar, ilmu ukur ruang dan goniometri, aku pake buku-buku bekas kakak saya yang masih pake bahasa Belanda. Guru saya yang tau ini, setiap kasi PR selalu nyebut juga nomor soal yang dalam buku yang saya pake. Ketika seorang kawan menertawakan saya, si guru berkata: “Kamu jangan ketawa. Dia lebih hebat dari kamu, karena dia ngerti bahasa Belanda!”
Nah lu! Rasain!
Nah, beberapa waktu lalu ketika aku bikin tulisan untuk dimuat dalam buku Ulang Tahun Emas EGA, mendadak komputer saya meninggal. Kalo menurut analisa saya sih, power supplynya yang udah cape idup. Untuk menggantinya, isi dompet kagak cukup, karena ketika aku browsing dengan blackberry saya, harganya sekitar satu juta lebih. Padahal kemudian ternyata hanya di bawah 200 rebuan.
Jadi mumpung saya masih ingat apa yang udah saya tulis, saya beralih ke notebook kuno saya yang merknya Zyrex yang katanya produksi Indonesia tulen, padahal pada label yang nempel tertera dengan jelas “Made in China”.
Tapi jangan senang dulu. Ternyata kunci untuk tanda ? dan / macet.
Untuk mengatasinya bisa saja bila tanda ? dan / diperlukan diganti dulu dengan tanda % dan &. Kemudian dengan komputer laen di find and replace dengan tanda ? dan /. Tapi berarti kudu pindah ke komputer yang sehat. Ribet kan kudu pinjem komputer orang.
Untung terlintas cara laen. Dari blackberry aku kirim e-mail ke diri sendiri yang memuat tanda ? dan /. E-mail tadi aku tangkep pake notebook Zyrex saya. Abis itu aku salin ke dalam Microsoft Word.
Kini kalo perlu tanda-tanda itu tinggal copy & paste doang.
Gampang kan?
Makanya, kalao ada masalah jangan cepet nyerah – pergunakan akal!

 

13 thoughts on “WP 139 Kalo ada masalah jangan nyerah – gunakan akal

  1. kalo aku biar cepet, ga pake mouse pak.
    aku bikin kode-kode untuk tabel split, merge, row height dll.
    soalnya dulu waktu KP di bukit asam dikerjain sama yang punya pc kantor. Mousenya diumpetin.
    Alhasil dari peristiwa itu bisa bikin shortcut untuk fungsi tertentu selain ctrl c, ctrl v dan teman-temannya.

    Reply
  2. kalo sekadar ? dan / di ms word kan ada di insert symbol, pak.
    tinggal insert 🙂
    saya juga spt bapak, harus selalu belajar puter otak.
    pernah kamar kos saya kekunci dan tdk bisa dibuka krn macet. jendela juga dikunci selot. dobrak pintu? bisa dimarahin pak kos. aplg tidak ada tenaga utk dobrak pintu. satu2nya kemungkinan lewat jendela yang pakai selot bawah.
    ah, namanya anak kos tidak ada lah benda2 buat dobrak macam linggis, palu atau apa yang lain. paling banter adanya pisau.
    dan akhirnya bs membuka paksa jendela kamar dengan paku besar dan sendok.

    tidak usah dibayangkan.
    saya saja masih heran koq bisa2nya mbuka jendela pake sendok dan paku ya😀

    Reply

Leave a Reply

