WP 145 Udang galah bumbu kecap

Tadi pagi ada tetangga yang ngirim 11 ekor uang galah. Karena gak mungkin dimasak sekaligus, sama istri saya dikukus.

Sebelum pergi ngaji, saya tanya sebagian mau dimasak apa. “Masak bumbu kecap saja”, jawabnya. Sudah barang tentu bumbunya bukan kecap saja. Tapi tidak semua bumbu bisa disebut dalam nama masakan kan?
Jadi 3 tomat besar saya iris-iris dan tumis dengan sedikit minyak


Setelah lunak, saya tambahkan 3 batang serai yang sudah dikeprek, laos dan jahe, masing-masing sepanjang 3 cm dengan garis tengah 2,5 cm yang sudah diiris-iris dan 4 cabe hijau yang juga sudah diiris-iris.


Aduk supaya tidak gosong sampai cabe tampak layu.

3

Tambahkan kecap sebanyak 3 sendok makan, aduk.

Kemudian tambahkan air sekitar 300 cc. maksud penambahan air adalah agar sebagian besar udang galah akan terendam.

Masukkan 6 ekor udang galah yang sudah dikukus dan aduk, supaya bumbu meresap ke dalam udang galah.

Karena pedasnya kurang, saya tambahkan sambal botol.

Kemudian tambahkan juga garam sebanyak 2 sendok teh.

Bila cairan sudah berkurang tambahkan 1,5 sendok makan tepung maizena yang sudah dilarutkan ke dalam sedikit air. Maksud penambahan larutan maizena adalah agar bumbunya menjadi kental.

Bila bumbu sudah kental, angkat dari wajan.

Mau tau cara menyantapnya? Liat saja Mudhya, cucu saya.

 

8 thoughts on “WP 145 Udang galah bumbu kecap

Leave a Reply

