WP 158 Kaas stengels keju cheddar yang gurih

Setiap pulang kampung menjelang Lebaran, pembantu saya suka bawa kaas stengels buatannya dengan keju cheddar yang diberi oleh istri saya.

Ketika dia lihat aku bikin cheese cookies (lihat https://mmamir38.wordpress.com/2014/06/09/wp-155-cheese-cookies-kue-ciptaan-orang-malas/) dia tanya ke saya apa bisa bikin kaas stengels yang gurih, hanya dengan menggunakan keju cheddar dan margarin saja.
Jadi terpaksa saya berpikir keras mencari akal bagaimana caranya bisa menjawab pertanyaannya. Sebagai biasa, jawabannya timbul dalam mimpi saya. Perbedaan antara kaas stengels yang biasa istri saya bikin dan kaas stengels yang dibikin pembantu saya adalah rasa gurih. Nah dalam mimpi saya muncul beberapa produk yang bisa bikin rasa gurih seperti Maggi beef cubes dan bumbu Royco. Kalau vetsin sama ajinomoto sih tidak muncul. Soalnya saya tidak pernah mempergunakannya.
Dengan berpatokan pada resep yang pernah saya muat di https://mmamir38.wordpress.com/2013/07/05/wp-114-kaas-stengels/ saya mulai susun resep baru dengan menggunakan keju cheddar yang tiap kemasannya 180 gr. Dengan berbakal solusi lewat mimpi aku mulai membuatnya:

  • Aku kocok 3 kuning telur, 300 gr margarin (aku gunakan Forvita) dan 180 gr keju cheddar (aku gunakan ProChiz), hingga kembang. (Kalau mau gunakan margarin Blueband atau Palmboom dan keju Kraft boleh saja).
  • Kemudian aku ayak ke dalamnya 480 gr terigu yang sudah ditambah 1 sdt double acting baking powder dan 1 sdt bumbu Royco, aduk dan remas-remas dengan tangan hingga adonan tercampur rata. Dengan menggunakan bumbu Royco saya harapkan agar kue terasa gurih.
  • Sebagian demi sebagian adonan aku gulung setebal jari kelingking dan potong sepanjang 3 cm.
  • Kemudian aku susun di atas loyang yang sudah diolesi margarin.
  • Olesi bagian atas adonan dengan 1 kuning telur yang diencerkan dengan sedikit air.
  • Panggang dalam oven pada suhu sedang (160 derajat C) hingga warnanya menjadi kekuning-kuningan.

Saya tidak menambahkan garam, karena bumbu Royco sudah asin. Mungkin anda penasaran bagaimana rasanya. Rasanya gurih, meskipun rasa gurihnya agak berbeda dengan kaas stengels yang menggunakan keju Edam dan mentega. Hanya lidah yang sangat peka dapat membedakannya. Istri saya yang tidak menyaksikan proses pembuatannya, sempat juga terkecoh.
Karena awalnya saya tidak berniat menceritakan dalam blog saya ini, maka saya tidak mengambil foto-fotonya sewaktu dibuat.
Tapi beginilah penampilan akhirnya:

 Image

Silahkan membuatnya untuk bikin surprise pada keluarga dan kerabat anda.
Tapi bila anda berniat bikin untuk menjualnya, sebaiknya dengan jujur anda jelaskan bahwa kuenya dibuat dengan keju cheddar dan dengan margarin sehingga harganya lebih terjangkau. Bahwa rasa gurihnya lebih terasa tidak perlu anda ceritakan bahwa anda menambah bumbu Royco. Itu sih rahasia antara kita.

 

7 thoughts on “WP 158 Kaas stengels keju cheddar yang gurih

    • Silahkan untuk dijadikan penambahan barang jualan anda (Abis ngintip di Tumblr anda). Tapi kita harus tetap jujur bahwa kue itu pake keju cheddar dan margarin. Yang Royco sih dirahasiain aja. Tidak adsa masalah.
      Teringat saya waktu ada lomba bikin nasi goreng khusus bapak-bapak. Yang jury-nya ibu-ibu.
      Gimana saya gak jadi juara? Soalnya diam-diam saya tambahkan Maggi beef cube ke dalam bumbu yang saya racik. He he he!

      Reply

Leave a Reply

