WP 161 Cara Masak Ketupat Sendiri

Lebaran biasanya gak akan terasa seperti Lebaran, kalo gak ada ketupat. Itulah sebabnya kalo pas Lebaran saya berada di luar negri, saya upayakan untuk menghadiri open house di Kedutaan RI setempat buat bisa salam-salaman sama sesama WNI, tapi tujuan utamanya adalah cari ketupat. Padahal ngelapor kedatangan aja kagak pernah. He he he!
Bagi yang males, biasanya beli ketupat yang udah jadi. Tapi kualitasnya baru ketauan kalo udah dimakan.
Padahal memasak ketupat sendiri sebetulnya gak susah-susah amat. Bagi anda yang suka bereksperimen, berikut adalah cara memasak ketupat sendiri.
Untuk isinya anda bisa pilih beras pera atau beras pulen. Meskipun pake beras pera akan sedikit hemat, tapi rasanya pasti beda dibanding kalo pake beras pulen.
Ada yang menganjurkan menambah sedikit air kapur sirih pada air cuciannya, tapi abis itu cuci lagi dengan air bersih. Kalo perlu dengan air minum yang isi ulang supaya gak ada sisa-sisa logam yang mengganggu rasa dan penampilannya. Yang penting adalah bahwa beras dicuci bersih sekali dan ditiriskan dulu.
Kemudian masukkan beras ke dalam kulit ketupat melalui celah dekat tangkai ketupat.

1Banyaknya tergantung apa kita pake beras pulen atawa beras pera. Buat beras pera, harus ½ isi ketupat. Tapi kalo beras pulen harus ½ ketupat lebih sedikit. Lebihnya sekitar seperempat cm dari garis tengah.

 2

Setelah itu rebus dalam presto cooker yang sudah berisi air mendidih. Waktunya cukup 45 menit saja. Kalo pake panci biasa bisa berjam-jam, dan sewaktu-waktu harus nambah air panas lagi.
Sesudah itu dinginkan dan tiriskan dengan cara menggantungnya di tempat terbuka.
Soalnya kalo disimpan dalam keadaan basah bisa cepat basi

3

Bila sudah kering, dapat disimpan dalam lemari es. Bila hendak dimakan, hangatkan dengan cara mengkukusnya, jangan direbus.
Kalo anda mau mengayam kulit ketupat sendiri, silahkan liat di https://mmamir38.wordpress.com/2012/09/17/wp2-menganyam-kulit-ketupat/ atau bila mau lebih jelas, di https://mmamir38.wordpress.com/2014/07/29/wp-163-menganyam-ketupat-yang-diperjelas/ .

Mula-mula memang terasa susah, tapi lama-lama pasti mengasyikkan.

 

 

2 thoughts on “WP 161 Cara Masak Ketupat Sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s