WP 164 Percobaan Membuat Kue Putri Salju

Karena Nayla, cucu saya, suka sekali dengan kue ini, maka saya coba membuatnya. Di internet banyak yang menyajikan resepnya, tapi banyak yang menyarankan menggunakan trik-trik yang kurang masuk akal.
Karena saya punya kacang mete sebanyak 250 gr, maka saya coba membuatnya dengan setengah jumlah itu.
Kenapa saya menggunakan kacang mete dan bukan kacang tanah? Soalnya kacang mete lebih gurih dan kebetulan saya beli yang agak pecah-pecah, sehingga lebih murah.
Berdasarkan semua resep yang ku baca, saya coba nyusun resep sendiri. Sebelum anda contek resep ini, sebaiknya baca sampai selesai dulu.
Dengan blender saya haluskan 200 gr gula pasir. Kemudian saya sanggrai 125 gr kacang mete dan blender hingga halus.
Selanjutnya 50 gr gula halus, 1 telur, 100 gr margarin, 125 gr kacang mete yang halus dan ¼ sdt garam saya kocok hingga lembut. Sisa gula halus saya sisihkan untuk membalut kue yang sudah matang.

1

Setelah itu saya ayak ke dalamnya 180 gr tepung terigu yang sudah ditambah 1 sdt double acting baking powder kemudian aduk lagi hingga tercampur rata.

2

Giling adonan setebal 2,5 mm, lalu cetak dengan cetakan yang mudah dicari di pasar tradisional.
Supaya tidak lengket ke kayu penggiling, saya lapisi permukaan atas adonan dengan selembar plastik.

3

Selanjutnya letakkan kue yang telah dicetak ke atas loyang yang telah diolesi margarin terlebih dahulu. Untuk memindahkan adonan yang sudah dicetak, saya gunakan spatula logam. Bila tidak punya, dapat juga dengan pisau yang lebar.

4

Masukkan ke dalam oven dengan suhu 170 derajat Celcius selama 15 menit atau hingga matang kemudian angkat.

5

Sewaktu kue masih dalam keadaan panas, aduk ke dalam sisa gula halus hingga permukaannya bergula dan dinginkan.

6

Setelah dingin, dapat disimpan dalam wadah yang tertutup.

7

Ternyata rasanya enak sekali, meski agak kurang empuk.
Jadi dengan sisa kacang mete yang ada, saya buat lagi, tapi kali ini TANPA putih telur dan margarin saya tambah hingga menjadi 150 gr.
Hasilnya baru terasa halus sekali. Bahwa itu memang enak, ternyata Nayla menyukainya dan membawanya pulang.
Bila anda mau lebih enak lagi, gunakan 125 gr margarin dan 25 gr mentega Wijsman. Cuman memang rada mahal. Di daerah saya, satu kaleng mentega Wijsman berisi 100 gr harganya sudah Rp. 50.000.

9 thoughts on “WP 164 Percobaan Membuat Kue Putri Salju

Leave a Reply

