WP 166 Mencegah akun laen meretweet di akun Twitter kita

Beberapa minggu yang lalu ada kawan Twitter yang kasitau saya untuk buka Twitter saya, karena katanya kena hack.
Betul saja, saya seolah-olah me-retweet (me-RT) tweet seseorang yang saya kagak kenal, padahal isinya kurang senonoh. Jadi saya “Undo Retweet”.
Aman? Kagak juga! Malah ada dua akun (account) laennya, yaitu @ZonaKerja dan @InfoTerbaru ID yang seenaknya memasukkan tweetnya di Twitter saya. Meski aku peringatkan mereka dan kemudian “block” mereka, tetep aja gak berpengaruh. Malah ada tambah satu akun satu lagi, yaitu @SalpromBBM yang masuk. Dia berkali-kali menyarankan untuk mem-follow akun tertentu.
Yang terakhir setelah dua kali aku peringatkan, memberi saran sebagai berikut: “Cara memberhentikan > pengaturan > aplikasi > cabut semua aplikasi (harus lewat komputer / pc)”.
Karena Twitter saya menggunakan menu dalam bahasa Inggris, aku coba cari “Settings” dan “Applications”. Yang ada adalah “Settings and help” di kanan atas.
 1
Setelah diklik, tampak ada tulisan “Apps” di kiri tengah. Setelah aku klik, aku “Revoke” (hapus) isinya.
Hasilnya adalah suatu bencana, karena Twitter di Blackberry dan Android saya gak berfungsi, sehingga harus di-install ulang.
Setelah googling tentang caranya menghentikan akun laen menggunakan Twitter kita, aku nemu tulisan Catur Sugiarto yang berjudul “How To Stop Auto Retweet and Auto Following in Twitter”.
Tepatnya di http://blogger-muntok.blogspot.com/2013/09/how-to-stop-auto-retweet-and-auto.html
Rupanya saya telah mengizinkan para spammer yang berkedok Twitter untuk meng-akses Twitter saya. Karena sudah saya hapus, saya gunakan dua contoh yang disajikan mas Catur sebagai berikut:
 23Jadi kalo kita “authorize” aplikasi-aplikasi seperti itu, merajalelalah spammer menggunakan akun Twitter kita. Mengganti password pun percumah, gak ada gunanya.
Menurut mas Catur, aplikasi resmi yang aman cuman ada tiga, yaitu: Tweepie, Twetdeck, dan Hootsuite. Sisanya adalah spammer. Nah, sebetulnya hanya aplikasi-aplikasi para spammer yang harus dihapus. Jangan semuanya.
Semoga info ini bermanfaat buat anda.

4 thoughts on “WP 166 Mencegah akun laen meretweet di akun Twitter kita

Leave a Reply

