WP 168 Biar Ananas Bol Sama Besar

Karena WP 169 keduluan dimuat, maka tulisan ini nyusul belakangan. Padahal sesama Metromini gak boleh saling mendahului kan?
Selama ini, kalo aku bikin ananas bol (yang sering salah disebut sebagai “nastar”) ukurannya gak pernah bisa sama. Ada yang gede, ada yang kecil, ada yang super gede, ada yang super kecil. Jadi penampilannya gak keruan deh.
Pada suatu pagi sewaktu sarapan pake telor setengah mateng, timbul gagasan yang mencerahkan, yaitu menggunakan wadah telor itu sebagai cetakan.
Mula-mula permukaan atas dan bawah adonannya aku lapisi plastik supaya kagak lengket ke mana-mana, kemudian diratakan dengan penggilingan hingga tebalnya sekiiitar 5 mm.
1
Kemudian aku gunakan bagian bawah tempat wadah telor setengah mateng sebagai cetakan. Lobang di tengahnya bermanfaat sebagai petunjuk apa tebal adonan betul atawa tidak.

2
Pada hasil cetakan di bawah, tiga di bagian tengah tebalnya cocok, karena di tengahnya mencuat sedikit.
3
Adonan yang udah dicetak, kemudian dipipihkan lagi. Kemudian di tengahnya diberi selai nenas dan pinggirnya dirapatkan hingga selai tertutup.
4
Setelah itu dengan telunjuk permukaannya diratakan hingga berbentuk bola yang bagus.
5
Setelah disusun di atas loyang dan diolesi kuning telor, maka siap untuk dipanggang.
6

2 thoughts on “WP 168 Biar Ananas Bol Sama Besar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s