WP 190 Bikin Roti Manis

Kemarin dulu saya bikin roti manis isi keju. Rasanya empuk sekali. Jadi kemarin saya coba lagi, kali ini aku gunakan tepung terigu yang paling murah (Rp. 7.000 / kg) bukan tepung Cakra Kembar (Rp. 10.500 / kg). Foto berikut memperlihatkan bahan-bahan yang ku pergunakan, kecuali untuk isinya.


Mula-mula saya campur 1/3 kg tepung terigu biasa dengan 1/3 bungkus Fermipan @ 11 gr, 1/3 bungkus bahan pelembut roti, 1/3 sdt Ovalett dan 125 gr gula pasir yang sudah dihaluskan. Setelah itu saya tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan cara meremas-remas dengan tangan hingga terbentuk adonan yang kalis (kneadable). Kemudian saya tambahkan 3 sdm margarin dan remas-remas lagi. Seharusnya diremas selama 30 menit, tapi karena malas, saya banting-banting saja selama 10 menit.

Diamkan adonan dalam tempat yang ditutupi kain lembab, hingga mengembang menjadi 2x volume semula. Lamanya tergantung pada jumlah dan kesegaran ragi, lamanya meremas atau membanting dan suhu udara. Pada foto berikut, tampak adonan yang belum mengembang.


Setelah mengembang, adonan dipadatkan dan diiris menjadi 4 x 6 bagian.

Untuk mengisinya dengan keju yang sudah diparut, aku ambil satu bagian di atas telenan, dan pipihkan sehingga berbentuk oval dengan ketebalan 1 mm. Pada salah satu ujung saya beri 1 sdt keju yang sudah diparut, dan adonan saya gulung dari ujung yang ada kejunya ke ujung lainnya, dan rapatkan sambungannya. Hasilnya adalah bentuk yang bulat memanjang.

Bila mau mengisinya dengan butiran coklat, pipihkan adonan hingga berbentuk lingkaran dengan ketebalan 1 mm dan beri 1 sdt butiran coklat di tengahnya dan tutup dengan melipatkan pinggiran adonan ke atas coklat. Rapatkan sambungannya. Hasilnya berbentuk bulat.

Agar tidak lengket ke telenan dan kayu penggiling, adonan yang akan dipipihkan saya lapisi lembaran plastik di atas dan di bawahnya.

Setiap adonan yang terisi disusun di atas loyang yang sudah diolesi margarin dengan jarak secukupnya. Diamkan sekitar 15 – 30 menit agar adonan yang sudah diisi mengembang lagi, seperti tampak pada foto berikut. Silahkan terka mana yang berisi keju dan mana yang berisi coklat. Pada saat ini, adonan bisa dilapisi dengan kuning telur.


Kini roti dipanggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan api bawah yang kecil dengan posisi loyang di bagian tengah oven. Setelah bagian bawah roti kering, matikan api bawah, pindahkan loyang pada posisi terendah dan nyalakan api atas. Ini dimaksud agar seluruh permukaan loyang mendapat panas dari atas secara merata. Sudah barang tentu, roti di bagian tengah loyang harus diangkat dulu, karena lebih cepat matang.

Karena pada kali ini saya tidak lapisi dengan kuning telur, maka setiap roti yang diangkat, saya olesi dengan margarin, supaya penampilannya cantik.


Hasilnya cukup empuk, tapi jauh lebih empuk bila digunakan tepung terigu bergluten tinggi seperti cap Cakra Kembar.

Kemarin dulu, Safin, cucu saya terkecil, sempat menikmati 2 potong berturut-turut.



 

12 thoughts on “WP 190 Bikin Roti Manis

  1. Salam Kenal pak Margono,

    Saya “ketemu” blog bapak, saat mencari resep kue kering spekulas… mengingat sebentar lagi Natal, sy berniat buat kue sendiri…selain karena berhemat, saya jg sedang mengasah salah satu keahlian ibu rumah tangga yaitu buat kue!!!! hehehe maklum saya baru 1 tahun berumah tangga………eh jadi ngolor ngidul deh…

    Intinya saya seneng tulisan-tulisan dari bapak terutama mengenai resep-resep makanan karena diulas dengan kata-kata yang mudah dipahami, detail, plus ada gambarnya lagi………

    sekarang tinggal saya mempraktekan resep dari bapak dehh, jika sudah ada yang jadi, akan saya post deh pak… (tapi comment di blog bisa picture gak yah???)

    thanks n regards,
    Meiny

    Reply
    • Salam kenal juga. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat buat anda. Selama ini saya belum pernah tau apa di WordPress bisa muat gambar dalam reply seperti pada Multiply dulu.

      Reply

Leave a Reply

