WP 194 Jangan coba sendiri!

Saya punya bor listrik merk Black & Decker sejak taun 1980 an. Sampe sekarang jalannya bagus. Gak pernah ngadat. Namanya juga buatan pabrik terkenal!

Taun lalu saya perlu bor listrik yang bisa muter berlawanan arah jarum jam buat ngebukain sekrup-sekrup. Pake obeng bukannya pekerjaan gampang, apalagi yang udah tertanam kencang!.

Kebetulan Rizqi, menantu saya, punya satu yang udah gak kepake lagi. Jadi dia kasikan ke saya. Merknya Prohex. Enak juga makenya. Tinggal tekan tuas switch tertentu (di ujung tanda panah merah), bisa muter balik. Gitu switch ditekan lagi, bisa muter searah jarum jam. Asyik kan?

Minggu lalu saya coba buat ngebuka sekrup, eh gak bisa muter mundur. Berkali-kali aku tekan itu switch, tapi kagak mau bergerak. Padahal jarang dipake. Entah itu Prohex buatan mana. Cari di internet pun kagak ada informasi. Jangan-jangan buatan Cina ya? Tau kan kwalitasnya?

Gawat deh. Percumah kan punya dua bor yang hanya bisa buat bikin lobang atawa ngencengin sekrup doang?

Jadi saya coba periksa apa penyebabnya. Untuk itu, dengan sendirinya aku kudu buka itu bor. Dari pengalaman saya, kalo buka bor kudu ati-ati. Salah-salah bisa lepas berantakan. Begitu aku buka, beginilah penampakannya. Takut sekrup-sekrupnya ilang aku kumpulkan di asbak yang biasa disediakan buat petugas kebersihan kalo dikasi makan supermi rebus.

Saya cek switchnya (di ujung panah kuning), rupanya bener macet. Setelah switchnya saya semprot dengan pelumas cair, tuas switch bisa bergerak. Tapi gak bisa balik lagi. Jadi posisinya buat muter arah kebalikan jarum jam doang. Gak apa-apalah. Memang itu yang saya perlukan. Buat yang muter searah jarum jam kan masih ada yang Black & Decker.

Begitu saya mau tutup, tanpa sengaja tergoyang. Berhamburan lah bagian-bagian bor listrik. Untung saya tau anatominya. Jadi dengan hati-hati aku susun kembali bagian demi bagian, sehingga tersusun rapih dan bor bisa ditutup dengan sempurna. Jadi si Prohex sekarang buat buka sekerup doang.

Buat yang punya masalah dengan bor listrik, kalo gak ngerti cara masangnya, saya sarankan utuk jangan coba-coba buka sendiri. Kalo berantakan malah repot. Mendingan bawa ke ahlinya.

3 thoughts on “WP 194 Jangan coba sendiri!

Leave a Reply

